Disbudpar Gunung Mas Kejar PAD dari Wisata Air Terjun Batu Mahasur

air terjun batu mahasur
RAMAI : Ratusan pengunjung memadati objek wisata air terjun Batu Mahasur Kuala Kurun untuk berlibur, belum lama ini. (DISBUDPAR GUNUNG MAS FOR RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Pada tahun 2024, objek wisata Air Terjun Batu Mahasur Kuala Kurun ditargetkan meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp65 juta. Ini karena salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) itu telah dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH).

”Kami optimis target PAD dari objek wisata air terjun batu mahasur akan bisa tercapai. Apalagi sudah dilakukan pembenahan agar para pengunjung semakin nyaman berlibur,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gumas Hansli Gonak, Rabu (24/1/2024).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, pembenahan yang telah dilakukan diantaranya pembangunan gerbang selamat datang, renovasi tangga utama, perbaikan jalan yang berupa tangga dan titian kayu, pembangunan jembatan lengkung, siring batu, kolam air terjun, siring penahan tanah, gajebo, jaringan air, rehab ruang ganti, septick tank dan saluran, pengadaan penerangan jalan umum (PJU) hingga jembatan swafoto.

”Perbaikan sejumlah fasilitas objek wisata air terjun batu mahasur ini langsung berdampak positif dengan peningkatan jumlah pengunjung. Hal itu terlihat dari pemasukan retribusi tiket masuk yang sudah mencapai Rp25 juta hingga 22 Januari 2024,”ujarnya.

Baca Juga :  Pustakawan Sekolah dan Desa di Gunung Mas Dilatih Pengolahan Koleksi

Hansli juga menuturkan, objek wisata air terjun batu mahasur dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Pada hari biasa, anak-anak dikenakan tarif masuk Rp3.000 per orang, dan dewasa Rp5.000 per orang.

”Sedangkan khusus hari libur, tarif masuk untuk anak-anak Rp5.000 per orang dan orang dewasa Rp10.000 per orang,” tukasnya.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya Samaya Monong telah meresmikan RTH objek wisata air terjun batu mahasur. Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan berkunjung, karena tempatnya lebih indah, asri dan nyaman. Selain itu, pengunjung juga harus menjaga kebersihan, sehingga lingkungannya tetap bersih.

”Saat berlibur ke objek wisata air terjun batu mahasur, kami meminta kepada para orang tua untuk mengawasi anak mereka ketika berenang di kolam yang sudah dibangun, serta selalu menjaga ketertiban,” ujarnya. (arm/gus)



Pos terkait