Disdik Palangka Raya Tanamkan Karakter Pancasila di Kalangan Pelajar

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani
Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya menekankan kepada para pelajar di jajaarannya, agar menjadikan pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani, dalam rangka memperingati Hari lahir pancasila setiap tanggal 1 Juni, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya mengirimkan pesan penting kepada seluruh pelajar.

Bacaan Lainnya

Pihaknya mengingatkan betapa pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan.

Menurutnya,pancasila bukanlah sekadar lambang atau slogan belaka, melainkan pondasi utama dalam membangun kepribadian, karakter, dan sikap yang berintegritas bagi generasi muda.

“Pancasila adalah cerminan dari nilai-nilai kebangsaan yang harus menjadi bagian dari pembentukan karakter pelajar. Itulah yang terus diupayakan oleh Disdik kepada peserta didik di seluruh kota, secara merata,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemuda Asal Tuban Tewas Tenggelam di Sungai Kuayan

Jayani melanjutkan, dalam implementasinya, Disdik Kota berharap para pelajar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam segala aspek kehidupan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Kami berharap generasi muda kita tidak hanya menghafal pancasila, tetapi juga mengamalkannya dalam tindakan nyata,” tegasnya.

Dikatakan pula, dengan semangat kebersamaan dan kesadaran pentingnya pancasila sebagai ideologi negara, Disdik Kota Palangka Raya bersama pelajar dan seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk terus memperkuat fondasi moral dan spiritual generasi muda.

Demi terwujudnya bangsa yang berkarakter, berbudaya, dan berkeadilan. Pihaknya juga mengajak seluruh pihak, baik guru maupun orang tua, untuk mendukung dan mengawasi implementasi nilai-nilai pancasila di kalangan pelajar.

“Disdik Palangka Raya terus melanjutkan upaya dalam membangun karakter pancasila pada para  pelajar di wilayahnya. Pembangunan karakter pancasila pada peserta didik merupakan salah satu prioritas utama Disdik Palangka Raya dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang,” beber Jayani.



Pos terkait