Enam Bulan Ini Belasan Kali Kapuas Diamuk Api

kebakaran kapuas
KEBAKARAN: Sisa puing rumah yang diamuk api di Kabupaten Kapuas. (Istimewa/Radar Sampit)

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Belasan kasus kebakaran permukiman terjadi di Kabupaten Kapuas selama enam bulan terakhir. Kebakaran mengakibatkan kerusakan berat, sedang, hingga ringan pada bangunan.

Kepala Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sianaga mengatakan,  ada 18 kejadian kebakaran permukiman yang terjadi selama enam bulan terakhir.

Bacaan Lainnya
Gowes

”Paling banyak kejadian di bulan Maret, sampai enam kali. Sedangkan April ada tiga kejadian, Mei dua kejadian dan Juni ada empat kejadian,” terangnya.

Kebakaran mengakibatkan kerusakan berat, sedang, hingga ringan pada bangunan. Pada  Januari ada lima bangunan rusak berat, Maret enam bangunan, April satu, Mei lima, dan Juni empat bangunan rusak berat.

”Kalau rusak sedang pada bangunan dari penyebab kebakaran yaitu di bulan Januari satu, Maret satu, dan Mei satu. Kerusakan ringan ada di bulan Mei sebanyak lima bangunan,” ujarnya.

Baca Juga :  Palangka Raya Membara, Kebakaran Hebat Ratakan 12 Ruko, Kerugian Ditaksir Capai Miliaran

Dia melanjutkan, korban meninggal dunia akibat kebakaran sebanyak satu orang yang terjadi pada April. Untuk korban terluka terjadi pada Januari dan April.

”Warga yang terdampak sebanyak sepuluh kepala keluarga di Januari, satu kepala keluarga pada Februari, delapan kepala keluarga pada Maret, lima kepala keluarga April, 15 kepala keluarga di bulan Mei, dan sembilan kepala keluarga pada Juni,” ujarnya, seraya menambahkan, si jago merah tidak hanya melalap rumah, tapi juga sekolah, rumah ibadah, perkantoran, dan perusahaan. (der/ign)

 

 



Pos terkait