FPK dan Kesbangpol Kobar Kaji Banding ke Singkawang

kaji banding
KAJI BANDING: Penyerahan cinderamata secara simbolis antara ketua FPK Kobar dan Singkawang pada saat acara Kaji Banding, Kamis (24/11/2022).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kotawaringin Barat bersama Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) berkunjung ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat dalam rangka kaji banding perihal kerukunan dan toleransi antar masyarakat pada Kamis (24/11/2022).

Ketua FPK Kobar, H. Bambang Suherman mengatakan sangat apresiasi terhadap Kota Singkawang dalam hal toleransi dan kerukunan antar masyarakatnya. Sesuai hasil survei atau laporan Setara Institute, kota Singkawang yang terletak di Kalimantan Barat tersebut mempunyai skor Indeks Kota Toleran (IKT) sebesar 6,48 dari skala 1 hingga 7.

Bacaan Lainnya

“Dari survey itu Singkawang dianggap daerah paling tinggi toleransi tertinggi dibanding daerah lain,”jelas Bambang. Oleh karena itu pihaknya bersama seluruh anggota FPK Kabupaten Kobar dan Kecamatan didampingi Badan Kesbangpol Kobar kaji banding ke Singkawang.

Menurut Bambang, tingkat kerukunan yang sangat luar biasa jika melihat ada 19 suku dan sama tidak ada perbedaan. Slogan di Singkawang sendiri, “Berbeda-beda tapi tidak mau dibedakan. Inilah yang menjadi rujukan dan mudah-mudahan kami bisa membawa oleh-oleh dari Singkawang untuk diterapkan dan disosialisasikan di Kobar,” harapnya.

Baca Juga :  Covid-19 Masih Jadi Ancaman, Pj Bupati Kobar Siapkan SE Protokol Kesehatan

Dengan keragaman suku, adat dan budaya yang ada perlu dipupuk agar Indonesia dibawah naungan Pancasila, bhineka tunggal Ika tetap selalu saling toleransi yang bermuara pada ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Kota Singkawang sampai saat ini dengan kondisi kotanya mayoritas penduduk Tionghoa, kemudian ada juga dari Melayu, Madura, Dayak, Batak dan sebagainya, banyak suku tetapi sangat rukun, dengan demikian mudah-mudahan Kotawaringin Barat selalu rukun, masyarakatnya aman aparatur sipil negaranya kompak,”bebernya.

Pos terkait