Gali Ilmu dengan Outing Class di Pembibitan Kelapa Sawit

outing class
pelajar kelas V Lily SDS Pesona Astra melaksanakan Outing Class di Nursery perkebunan kelapa sawit

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Mengenal potensi lingkungan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari perlu dilakukan oleh anak-anak.

Oleh karena itu, untuk mendekatkan diri dengan lingkungan secara detail, pelajar kelas V Lily SDS Pesona Astra melaksanakan Outing Class di Nursery PT. GSDI-GSYM, pada Senin (15/01/2024)

Bacaan Lainnya

Perjalanan dimulai pukul 07.00 WIB dengan mengendarai bus sekolah dan ditemani oleh wali kelas, Vika Varia Matovana serta Kepala Sekolah, Imanuri. Rombongan disambut oleh Mandor Pembibitan, Pak Sukamto. Beliau dengan hangat dan tak kalah antusias saat menerima kedatangan siswa-siswi yang ingin tahu banyak hal tentang kelapa sawit.

outing class 1

Pada sesi pertama, mereka diajak memasuki area pembenihan, pemilahan, dan pemilihan bibit sawit yang layak untuk ditanam. Beberapa jenis bibit sawit juga dikenalkan kepada siswa.

Selain itu, siswa-siswi diajak untuk praktik menanam sawit yang benar dan melakukan proses penyiangan rumput pada bibit sawit. Setiap anak dilatih untuk mengenali dan merawat bibit dengan baik.

Baca Juga :  SIAP - SIAP!!! Tahapan Pemilu Dimulai Bulan Juni 2022

Proses pembibitan mulai dari memasukkan tanah ke dalam polybag, pemupukan, dan jadwal penyiraman juga dijelaskan dengan baik.

Selanjutnya, siswa-siswi menuju ke area pemindahan bibit dari polybag kecil ke polybag besar dan cara merawatnya. Berada di area yang terik, tidak menyurutkan minat siswa-siswi untuk terus ingin tahu da bertanya banyak hal.

Rasa penasaran mereka terobati dengan jawaban-jawaban jelas dan lugas yang disampaikan oleh Pak Sukamto.

“Saya sangat senang saat anak-anak semangat dan banyak bertanya. Sawit adalah hal yang sudah dekat dengan mereka. Tapi ada beberapa istilah dan cara merawat sawit yang harus mereka ketahui agar mereka tahu bagaimana prosesnya dengan baik,” ungkap Sukamto di sela-sela penyampaian materi.

Kepala SDS Pesona Astra, Imanuri, menuturkan bahwa kegiatan Outing Class ini bertujuan untuk membuka wawasan untuk anak-anak. “Harapannya, apa yang dipelajari di sekolah berupa teori, bisa juga mereka dapatkan melalui praktik di lapangan, ” pungkasnya. (Vika Varia Matovana)



Pos terkait