Hotspot di Sampit Mulai Berkurang, Tapi Water Boombing Jalan Terus  

1 karhutla kotim
DITANGANI: Tim gabungan pemadaman darat dan udara dikerahkan memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Lingkar Selatan Kota Sampit, Sabtu (19/8/2023).

SAMPIT, radarsampit.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terjadi selama delapan hari berturut-turut mendapat perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam beberapa hari terakhir, helikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan  yang sulit dijangkau oleh tim pemadam kebakaran jalur darat.

Pada Sabtu (19/8), kebakaran lahan terjadi di enam lokasi  berbeda yang tersebar di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang. Jumlah ini belum termasuk karhutla di 15 kecamatan lainnya.

Bacaan Lainnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotim telah menerima laporan kebakaran lahan sekitar jam 09.00 WIB di Jalan Bumi Raya 1 depan Gerbang Perumahan Citra Mandiri. Titik lokasi ini merupakan kejadian baru yang langsung ditangani tim gabungan pemadam kebakaran.

Kebakaran lahan kedua terjadi di Jalan Pramuka Gang Mufakat. Api muncul tak jauh dari tepian jalan yang hingga sore kemarin masih belum sepenuhnya bisa dipadamkan.

Baca Juga :  Harga Beras Naik, Harga Cabai Kian Pedas di Palangka Raya

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Agus Mulyadi mengatakan, beberapa hari lalu juga terjadi kebakaran lahan di Jalan Pramuka Gang Nusantara, Gang Hidup Baru, sampai menjalar ke Jalan Ir Soekarno tepatnya depan Pondok Pesantren Modern Darussalam.

“Kami belum dapat memastikan apakah api di lahan Jalan Pramuka sudah benar-benar padam atau belum. Jumat malam jam 21.30 WIB dilaporkan kebakaran lahan di dekat Perumahan Graha Pramuka yang sepertinya rembetan api yang menjalar beberapa hari yang lalu di titik yang sama dan kemudian menyebar. Malam tadi langsung ditangani oleh tim pemadam,” kata Agus Mulyadi, Sabtu (19/8).

Kejadian ketiga di Jalan Moh Hatta, jalur lingkar selatan yang berada dekat dengan Kantor Kecamatan MB Ketapang.

“Kejadian kebakaran baru kamu terima informasinya jam 11.30 WIB, tim pemadam darat dan udara langsung dikerahkan. Siang hingga sore satu helikopter diturunkan untuk melakukan pengeboman air dari udara sebanyak 37 kali di lingkar selatan dan sekitarnya,” katanya.



Pos terkait