Huma Betang Termegah di Kalteng Bakal Dibangun di Daerah Ini

KUNKER: Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu, di Putussibau, Kamis (21/10). (ANTARA/SUPRIADI)

PURUK CAHU – Dewan Dayak Kabupaten Murung Raya segera membangunan Rumah Betang atau rumah adat Suku Dayak termegah di Kalimantan Tengah dengan melakukan kaji banding Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

”Kami ingin membangun huma betang atau rumah betang berkonsep 3T, yakni Termegah, Terbesar dan Terunik yang belum dimiliki daerah lainnya di Kalteng, sehingga kami ingin belajar dan dapat menyaksikan secara langsung atas kedudukan rumah betang yang ada di Putussibau, Kalimantan Barat, ” kata Sekretaris Umum DAD Murung Raya, Herianson D Silam di Puruk Cahu, Jumat.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, bahwa DAD Murung Raya ingin mempelajari hal-hal yang menyangkut dengan keberadaan serta fungsi dan manfaat atas keberadaan Huma Betang yang memiliki nilai positifnya.

Pembangunan Huma Betang itu nanti rencananya dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya secara bertahap yang rencana pembangunan di tahun anggaran 2022 hingga 2023 mendatang.

”Mudah-mudahan tidak ada halangan dalam anggarannya, sehingga sebelum masa jabatan Bupati Murung Raya habis tahun 2023 nanti bangunan rumah betang ini diresmikan dan difungsikan atas kemanfaatannya untuk mengangkat harkat martabat suku dayak,” kata Herianson.

Ketua Umum DAD Murung Raya Perdie M Yoseph melakukan kunjungan ke rumah betang Kapuas Hulu, Rabu (20/10) mengatakan bahwa keberadaan Huma Betang ini setidaknya nanti bisa bermanfaat untuk menunjang saran dan prasarana pariwisata dalam persiapan Murung Raya sebagai daerah penyangga ibu kota negara baru di Kabupaten Panajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kunjungan itu, Perdie yang juga menjabat Bupati Murung Raya merupakan kabupaten paling utara di Kalteng ini bersama rombongan disambut antusias dari pengurus DAD dan Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan di rumah betang Kapuas Hulu.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyambut baik atas kunjungan DAD Murung Raya apalagi menyangkut dengan rencana pembangunan Huma Betang.

Dia mengatakan sampai saat ini masih banyak masyarakat Kapuas Hulu yang tinggal dan bermukim di dalam rumah betang. Menyimak dengan apa yang disampaikan bahwa Murung Raya akan membangun Huma Betang dengan konsep 3T, terbesar, termegah dan terunik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *