Inspektorat Fokus Pencegahan Korupsi di Pemerintahan

korupsi
ILUSTRASI

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dalam rangka pencegahan korupsi di tubuh pemerintah kabupaten, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) fokus membangun koordinasi dengan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).

Kepala Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat Isno Pandowo mengatakan, pihaknya lebih mengoptimalkan program koordinasi dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup pemerintah kabupaten setempat dalam mencegah tindak pidana korupsi.

Bacaan Lainnya

“Kami mengedepankan pembinaan, seperti sosialisasi bagi SKPD dalam pengelolaan keuangan, agar sesuai standar administrasi pemerintahan dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Diutarakan Isno Pandowo, Indikator Kinerja Utama (IKU) lebih diutamakan untuk mencegah tindak pidana korupsi. “Kami apresiasi langkah-langkah SKPD yang sudah melakukan upaya terhadap pencegahan korupsi di Kobar. Mari bersama-sama menghindari segala bentuk penyimpangan yang dapat menjerumuskan kepada tindak pidana korupsi,” bebernya.

Baca Juga :  Gelapkan Sisa Pembayaran Uang Muka, Makelar Jual Beli Rumah Masuk Bui

Skor Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tujuh area intervensi, seperti perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, dan manajemen aset daerah akan terus diupayakan agar sesuai target yang ingin dicapai.

“Capaian MCP itu sebagai bentuk keseriusan kami menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel, serta MCP ini penting bagi seluruh pemerintah daerah sebagai tolak ukur pencegahan korupsi,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait