Jalur Udara Mulai Padat, Aktivitas Bandara Melonjak

Pergerakan penumpang mudik Lebaran melalui jalur udara di Bandara Iskandar Pangkalan Bun mulai meningkat
ANGKUT PEMUDIK: Pesawat NAM Air yang siap mengangkut pemudik di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, beberapa waktu lalu. (IST/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN – Pergerakan penumpang mudik Lebaran melalui jalur udara di Bandara Iskandar Pangkalan Bun mulai meningkat. Sejauh ini baru satu maskapai yang telah mengajukan penerbangan tambahan untuk melayani peningkatan pemudik.

”Nam Air yang baru mengajukan ekstra flight pada 22 – 30 April mendatang,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber.

Bacaan Lainnya

Dia melanjutkan, untuk charter flight Nam Air mulai tanggal 22 – 30 April 2022, sedangkan Citilink hanya pada 29 April 2022.

Zuber menambahkan, peningkatan penumpang itu telah diprediksi , karena dalam dua tahun terakhir masyarakat tidak bisa mudik akibat pandemi Covid-19. ”Ketika ada kesempatan dan pemerintah memperbolehkan, banyak yang akan mudik,” imbuhnya.

Menurut Zuber, pada hari biasa hanya ada lima kali penerbangan, baik ke Jakarta, Semarang, dan Surabaya dengan jumlah penumpang rata-rata 700 orang per hari. Saat Ramadan dan periode arus mudik, meningkat menjadi tujuh penerbangan dari Pangkalan Bun, dengan jumlah penumpang rata-rata 1.100 orang per hari.

Baca Juga :  Breakingnews!!! Helikopter Milik BNPB Mendarat Darurat di Pangkalan Bun

”Kami memprediksi puncak arus mudik melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun pada 29 April, yang mana hari itu mulai diberlakukan cuti bersama oleh pemerintah,” ujarnya.

Dalam menyambut arus mudik 2022, pihaknya juga telah melakukan sejumlah persiapan dengan melaksanakan rapat koordinasi bersama instansi terkait.

”Kami sudah persiapan menyambut arus mudik tahun ini dan sejauh ini seluruh pelaku perjalanan sangat tertib mengikuti syarat pelaku perjalanan. Meski sebagian masih ada yang menunjukkan hasil tes PCR karena baru satu kali vaksin,” tandasnya. (tyo/ign)



Pos terkait