Jelang Nataru, Harga Sejumlah Komoditas Berpotensi Naik

harga telur
PASAR: Telur menjadi salah satu komoditas yang berpotensi alami kenaikan jelang Nataru, Kamis (7/12/2023). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Jelang perayaan hari besar Natal dan Tahun Baru 2024, sejumlah komoditas berpotensi mengalami kenaikan. Dari pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) inflasi di Kotim masih terkendali.

“Melihat dari beberapa tahun ini, komoditas yang paling banyak dikonsumsi setiap ada perayaan hari besar keagamaan adalah telur, daging ayam ras, cabai merah, bawang merah berpotensi alami kenaikan,” ujar Kepala BPS Kotim Eddy Suherman Sabtu (9/12/2023).

Bacaan Lainnya

Sejauh ini inflasi di Kotim masih terkendali. Hanya saja ada beberapa komoditas yang masih mengalami kenaikan signifikan, contohnya beras dan cabai merah. “Untuk saat ini beberapa komoditi perlu dapat perhatian, kalau tren kita ada cabai merah, bawang merah, daging ayam, telur ayam ras yang berpotensi mengalami kenaikan di momentum Nataru,” terangnya.

Eddy menuturkan,  sejauh ini pihaknya belum bisa memberikan gambaran untuk bulan Desember. Namun untuk awal bulan ini  ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga. “Yang pasti untuk satu minggu ini kita belum bisa memberikan gambaran,” tuturnya.

Baca Juga :  Kucurkan Anggaran Rp18 Miliar, Wujudkan Kabupaten Layak Anak di Kotim

Sementara itu, hasil pantauan BPS untuk sektor penerbangan sejauh ini masih cenderung stabil. Meski demikian setiap kali mendekati hari H akan ada kenaikan harga tiket pesawat.  “Tapi kita berharap mudah-mudahan saja tidak ada kenaikan harga karena pengaruhnya terhadap inflasi lumayan besar juga,” tandasnya. (yn/yit)

 



Pos terkait