Kalteng Jajaki Kerja Sama Industri dengan Jatim

Gubernur Jatim,Wakil Gubernur Kalteng,Edy Pratowo
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah dalam acara Gathering Penguatan Pasar Antar Daerah dengan Masyarakat Pelaku Usaha Kalteng yang berasal dari Jawa Timur, Selasa (13/12) di Palangka Raya.(istimewa)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com– Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo mengatakan,Provinsi Jawa Timur (Jatim) adalah pusat industri yang bisa dijadikan partner untuk membangun insdustri sektor pangan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kalteng.

“Kalimantan Tengah nanti akan jadi daerah lumbung pangan, sehingga ke depan kita bisa kerja sama dengan Jawa Timur untuk membangun industri di sektor pangan,” ujar Edy Pratowo usai menghadiri acara Gathering Penguatan Pasar Antar Daerah dengan Masyarakat Pelaku Usaha Kalteng yang berasal dari Jawa Timur, Selasa (13/12) di Palangka Raya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Provinsi Jawa Timur itu sudah maju, sehingga Kalimantan Tengah harus banyak belajar dari Jawa Timur untuk mengangkat UMKM lokal, terutama dalam hal packaging-nya, sehingga pemasaran produk Kalteng bisa menjadi lebih baik.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan,  misi dagang ini dilakukan dengan menjalin silaturahmi dengan warga kelahiran Jawa Timur yang ada di semua provinsi Se Indonesia.

Baca Juga :  Wah...PPKM Mikro Bakal Diaktifkan Lagi

“Nanti kita ajukan ada penerbangan langsung dari Kalimantan Tengah ke Malang, sebab banyak Putra Putri Daerah Kalimantan Tengah yang menempuh pendidikan di sana. Selain itu juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak muda di sini karena pusat fashion banyak di Malang Raya,” imbuhnya.

Menurut Khofifah, kerja sama dalam misi dagang ini salah satunya untuk mendorong para UMKM agar memiliki international standard. “Sekarang jualan lebih kepada online system, pertemuan ini tidak hanya pertemuan trader dan buyer, tetapi juga diharapkan adanya konektivitas dan sinergisitas yang lebih strategis ke depan,” pungkasnya.(ewa/gus).

Pos terkait