Ketika Bencana Ganda Melanda Kotim

Wilayah Selatan Kebakaran Lahan, Wilayah Utara Kotim Kebanjiran

KARHUTLA KOTIM
BENCANA: Tim pemadam berjuang memadamkan api di wilayah selatan Kotim. Pada kawasan lain di wilayah utara, justru banjir melanda warga. (BPBD KOTIM UNTUK RADAR SAMPIT)

Kondisi cuaca memang sulit ditebak. Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur silih berganti dilanda bencana berbeda; banjir dan karhutla.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Kebakaran lahan di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, belum sepenuhnya padam. Sejak Kamis (14/9) sampai bertemu Kamis (21/9/2023), api belum juga ”lelah” mengakuk. Upaya pemadaman terkendala akses yang sulit dan jauh dari jangkauan tim darat.

”Ada tiga titik lokasi kebakaran lahan di Desa Lampuyang. Beberapa titik lokasi kebakaran lahan sulit dijangkau. Untuk luasan lahan yang terbakar masih belum kami hitung. Tim pemadam darat dioperasikan melakukan pemadaman di sekitar lokasi kebakaran yang mendekati jalan dan permukiman,” kata Arief, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kamis (21/9/2023).

banjir kotim
BENCANA: Kawasan lain di wilayah utara Kotim, justru banjir melanda warga. (BPBD KOTIM UNTUK RADAR SAMPIT)

Menyikapi sulitnya pemadaman yang jauh dari jangkauan, BPBD Kotim telah mengusulkan agar mendatangkan perbantuan tim pemadam udara menggunakan helikopter untuk melakukan pengeboman air dititik lokasi yang sulit dijangkau tim pemadam darat.

Baca Juga :  Teror Peremas Payudara Merajalela Bikin Korban Trauma

”Sudah kami teruskan ke Satgas udara agar dilakukan water bombing di lokasi karhan yang sulit dijangkau tim darat. Tetapi, hari ini sepertinya tidak ada penanganan water bombing di wilayah Kotim,” ujarnya.

Meskipun demikian, BPBD Kotim cepat tanggap menurunkan dua unit truk tangki pemadam dan satu unit motor trail dengan delapan personel yang siaga bertugas di sekitar titik lokasi kebakaran.

”Kami menurunkan delapan personel dengan pergantian shift tugas dengan jumlah personel tetap sama. Tim BPBD Kotim ikut melakukan pemadaman karena lokasi kebakaran sudah mendekati jalan lintas dan sekarang sudah dinyatakan aman dan padam, terutama di dekat jalan,” kata Arief.

Selain melakukan pemadaman di Desa Lampuyang, BPBD Kotim juga menggempur api yang melahap lahan di Bagendang Hulu, belakang PDAM Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Jalan HM Arsyad Desa Ujung Pandaran, dan Desa Regei Lestari, Kecamatan Teluk Sampit.



Pos terkait