Komunitas Kucing Sterilisasi Kucing Jantan

Komunitas pecinta kucing yang tergabung dalam Sampit Cat Lovers (SCL)
STERILISASI: Para dokter hewan sedang melakukan steril terhadap kucing jantan, Minggu (12/12). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Komunitas pecinta kucing yang tergabung dalam Sampit Cat Lovers (SCL) memiliki kepedulian terhadap kucing-kucing jalanan. Salah satu yang mereka lakukan untuk menekan populasi kucing jalanan adalah steril terhadap kucing jantan, Minggu (12/12) pagi.

“Program steril kucing jantan kami lakukan agar kehidupan kucing lebih layak dan sehat,” kata Ketua SCL Faisal Hasby.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Dalam kegiatan steril kucing jantan yang mereka temui di jalanan, komunitas ini dibantu empat dokter hewan. Ada 15 kucing jantan jalanan yang menjadi target untuk dilakukan sterilisasi.

Untuk membantu para pecinta kucing mensterilkan kucing jalanan tersebut , biaya bersumber dari dana donasi para cat lovers yang setiap bulannya mengadakan iuran.

Pascasterilisasi, cat lovers dan relawan melakukan pengurusan terhadap kucing-kucing itu kurang lebih selama dua hari. Jika kondisi kucing sehat makan akan dilepaskan kembali di sekitar Taman Kota Sampit atau lokasi kucing ditemukan.

Baca Juga :  Damkar Evakuasi Kucing yang Terjebak Sepekan di Plafon

Program SCL ini adalah yang pertama kali dilakukan. Rencananya mereka akan melakukan kegiatan serupa sebulan sekali dengan target dua ekor kucing jalanan.

“Apa yang kami lakukan ini untuk membantu populasi kucing jalanan agar tidak menjadi hama di masyarakat khususnya bagi orang yang tidak menyukai kucing,” ungkapnya.

SCL sering turun ke jalanan untuk memberi makan, rescue, hingga mengobati kucing jalanan yang sakit. Dengan area di sekitar kawasan Taman Kota Sampit, Pasar Eks Mentaya, Pasar Sejumput, area kuburan muslimin hingga di tempat-tempat sampah.

Melihat kucing terawat dan tidak teraniaya adalah kepuasan bagi mereka. Mereka mengimbau warga yang tidak suka kucing agar tidak menyakiti kucing.

“Yang tidak suka kucing jangan menyakiti, karena kucing-kucing itu juga yang membantu menjaga ekosistem,” tandasnya.

Dalam pemeliharaan kucing jalanan, SCL terkendala tempat, dimana mereka belum memiliki shelter penampungan. “Ke depannya kita harap bisa mendirikan shelter untuk merawat kucing jalanan,” tutupnya. (soc/yn)



Pos terkait