SDIT Asiah Gelar Market Day, Kenalkan Seni Berdagang dan Berwirausaha Kepada Murid

Kenalkan Seni Berdagang dan Berwirausaha Kepada Murid
MARKET DAY: Kepala SD IT Asiah didampingi guru lainnya mengenalkan dan mengajarkan siswa berwirausaha dalam kegiatan market day di Stadion Nopember Sabtu (11/12) . (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Asiah Sampit yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Asiah menggelar market day  di Stadion 29 Nopember Sampit, Sabtu (11/12).  Kegiatan yang diikuti 310 siswa dan didampingi orang tua wali itu disambut gembira dan antusias. Mereka diajarkan seni berdagang dan menanamkan sikap sopan santun dalam bertransaksi jual beli.

Kepala SDIT Asiah Sampit Siti Bangi Fillah mengatakan, market day ini merupakan serangkaian kegiatan kelas ceria anak sholeh. Kelas ceria ini ada banyak lomba, seperti lomba musabaqoh tahfidzul Quran, lomba hafalan doa harian, ketangkasan, market day, daurah tafaqquh fiidin, dan cerdas cermat.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Kegiatan lomba sudah dimulai tanggal 8 Desember lalu dan rencananya Jumat-Sabtu tanggal 17-18 Desember ini kami akan mengadakan lomba cerdas cermat di sekolah,” kata Siti Bangi Fillah.

Siti mengatakan, market day bertujuan memberikan edukasi kepada siswa untuk mengenalkan sekaligus mempraktekkan nasehat Nabi Muhammad.  Dimana dalama dalam Hadist Riwayat Ahmad, ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, mata pencaharian apakah yang paling baik?”  Rasulullah bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi).”

Baca Juga :  Sekolah di Bartim Mulai Gelar PTM

“Kami ingin mengenalkan, mengajarkan dan membangun jiwa berwirausaha sejak usia dini agar ke depannya anak peserta didik kami menjadi pribadi yang mandiri dan berakhlakul karimah,” kata Siti.

Selain itu, market day ini sebagai bentuk menjalin silaturahmi yang erat antara guru, orang tua wali dan murid itu sendiri.

“Market day ini sekaligus family gathering  mempererat silaturahmi antara guru dan sesama wali siswa. Yang biasanya interaksinya hanya melalui WhatsApp grup, sekarang bisa mengenal dan bertemu secara langsung,” katanya.

Siti mengatakan kegiatan market day sudah rutin dilaksanakan setiap satu tahun dua kali pada momen akhir semester. “Setiap tahun market day diadakan di sekolah, kali ini kami sepakat ingin memberikan suasana yang baru di Stadion 29 Nopember,” katanya.



Pos terkait