Kotim Siagakan Delapan Pos Pengamanan, Ini Penempatannya

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Satlantas Polres Kotim akan mendirikan delapan titik pos pengamanan
MUDIK: Penumpang kapal menaiki KM Kirana III dari Pelabuhan Sampit yang akan berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat (8/4). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Satlantas Polres Kotim akan mendirikan delapan titik pos pengamanan untuk menyambut arus mudik Lebaran 1443 Hijriah. Pos tersebut disebar di sejumlah titik strategis untuk memantau pergerakan warga.

Sebaran pos, di antaranya di Jalan Jenderal Sudirman Masjid Islamic Center, Jalan Letnan MT Haryono, Jalan Pelita, Kawasan Pavo, Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), kawasan Ikon Jelawat, pos pengamanan Pelabuhan Sampit, dan pos pengamanan di Bandara Haji Asan Sampit.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotim Johny Tangkere mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan arus mudik bagi calon penumpang yang menggunakan angkutan transportasi laut dengan menyiapkan tenda peristirahatan.

”Untuk penyiapan tenda kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Untuk saat ini beberapa tenda sudah didirikan didekatTerminal Penumpang Pelabuhan Sampit,” kata Johny Tangkere, baru-baru ini.

Baca Juga :  Drainase Tak Berfungsi, Jalan Karang Mulya Rusak Lagi

Selain itu, lanjutnya, untuk menjamin keamanan dan keselamatan bagi calon penumpang yang ingin mudik Lebaran, Dishub Kotim melalui UPTD Terminal Patih Rumbih bersama Dinas Kesehatan dan Polres Kotim mewajibkan sopir angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) dan penyedia jasa travel yang melayani angkutan mudik Lebaran menjalani tes urine.

”Pemeriksaan tes urine bagi para sopir akan kami laksanakan pada H-7 Lebaran atau per 25 April 2022,” katanya.

Sebagai bahan evaluasi kinerja, Dishub Kotim juga akan melakukan pendataan pergerakan jumlah penumpang keberangkatan arus mudik Lebaran. Baik yang menggunakan transportasi umum darat, laut, dan udara.

”Kami memprediksi angkutan arus mudik Lebaran tahun ini akan meningkat, sehingga, kami melakukan antisipasi agar perjalanan penumpang yang mudik aman dan lancar,” ujarnya.

Sebelumnya, di tingkat Provinsi Kalteng, jajaran Polri, TNI, dan instansi terkait menggelar Operasi Lilin Telabang 2022. Kegiatan yang dilaksanakan selama 12 hari pada 28 April – 9 Mei itu, melibatkan ribuan personel gabungan yang akan siaga di sejumlah titik rawan.



Pos terkait