Kotim Targetkan Seluruh Desa Berbasis Website

pelatihan website desa
PELATIHAN: Puluhan perangkat desa di Kecamatan Tualan Hulu mengikuti pelatihan pembuatan website dan tata kelola keuangan desa di Aula DPMD Kotim Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (15/3).

Penerapan desa berbasis website menjadi tantangan yang cukup berat bagi sejumlah desa di Kotim. Masih ada beberapa kendala seperti sumber daya manusia (SDM) yang belum mahir dalam penggunaan teknologi komputer dan masih ada 47 desa di Kotim yang blank spot alias terkendala jaringan internet.

“Sebagian besar desa di Kecamatan Tualan Hulu yang mengikuti pelatihan pembuatan website sebenarnya terkendala blank spot, tetapi semangat mereka untuk mau belajar membuat website dan mengelola tata keuangan desa juga luar biasa,” katanya.

Bacaan Lainnya

Kendala jaringan internet tidak menjadi batasan perangkat desa untuk bekerja dalam membuat pelaporan dan input data ke website. “Kami berikan solusi, agar desa yang memiliki jaringan internet atau sinyal yang kuat bisa menjadi leader untuk mengajarkan desa-desa yang lain. Semisalkan di Kecamatan Tualan Hulu ada desa a, b dan c yang kesulitan sinyal, maka bisa datang ke desa d yang sinyalnya bagus. Belajar disana, upload pelaporan disana. Tanpa harus jauh-jauh ke Kota Sampit, sehingga pelaporan dan pengelolaan website tetap bisa berjalan,” katanya.

Baca Juga :  KEREN!!! Kotim Peringkat Satu di Kalteng Soal Ini

Selain dilatih membuat website, perwakilan dari 11 desa di Kecamatan Tualan Hulu juga diberikan pembinaan tentang tata cara pengelolaan keuangan desa. “Tata cara pengelolaan keuangan desa ini pematerinya langsung dari kabid kami. Semua perangkat desa penting untuk memahami bagaimana mengelola keuangan desa karena dalam instruksi Bupati Kotim per 1 Maret 2023 semua desa wajib mengimplementasikan aplikasi sistem keuangan desa (Sikeudes) secara online. Maka dari itu, semua desa di Kotim kami dorong agar melaporkan semua program dan kegiatannya termasuk laporan keuangan desa ke website desa,” ujarnya.

Camat Tualan Hulu Admadi Sastra mengatakan keinginan 11 desa untuk mengikuti pelatihan pembuatan website sangat antusias. “Ini awalnya usulan dari desa dari melalui Ketua Apdesi Kecamatan Tualan Hulu (Warsono) dalam hasil rapat kerja didesa dan saya tindaklanjuti ke DPMD Kotim sehingga kegiatan pelatihan ini bisa terlaksana,” ujar Admadi.



Pos terkait