Lebaran Usai, Harga Seledri dan Lombok Melonjak

harga cabai
BELUM STABIL : Sejumlah komoditas kebutuhan bahan pokok di Pasar Subuh, Jalan MT Haryono, Sampit, Sabtu (13/4/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sejumlah harga komoditas pangan masih  di atas normal setelah Lebaran. Harga lombok, bawang, tomat, wortel, hingga seledri belum kembali seperti biasanya.

Pantauan Radar Sampit pada H+4 Lebaran, Sabtu (13/4),  lombok naik dari Rp 50 ribu – Rp 60 ribu menjadi Rp 75 ribu per kilogram. Bawang merah naik dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram, bawang putih dari harga Rp 40 ribu naik menjadi Rp 45 ribu per kilogram, dan bawang bombai dari harga Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Bacaan Lainnya

“Setelah Lebaran rata-rata harga kebutuhan pokok pada naik, belum ada yang stabil,” kata Solar, pedagang lombok di Pasar Subuh, Jalan MT Haryono, Sampit, Sabtu (13/4/2024).

Sedangkan tomat dari harga Rp 40 ribu turun menjadi Rp 38 ribu per kilogram, lombok merah keriting Rp 75 ribu per kilogram, kentang Rp 18 ribu per kilogram, kol dari Rp 12 ribu naik menjadi Rp 16 ribu per kilogram, dan wortel dari harga Rp 18-20 ribu naik menjadi Rp 26 ribu per kilogram.

Baca Juga :  Perlu Ketegasan Pemkab Kotim untuk Cabut Izin Perkebunan Bermasalah

“Tomat sudah lama naiknya sekitar sebulan lebih, harga stabilnya Rp 15-20 ribu per kilogram, sekarang sudah ada turun sedikit tapi belum stabil,” katanya.

Kenaikan juga terjadi pada daun seledri dari harga Rp 40-50 ribu per ikat menjadi Rp 70 ribu per ikat. Sedangkan  bawang prei atau daun bawang dari harga Rp 105 ribu per kilogram turun menjadi Rp 85 ribu per kilogram.

“Daun seledri sudah naik sejak sebelum Lebaran, bawang prei masih mahal. Yang turun sayur sawi dari Rp 25-30 menjadi Rp 20 ribu per ikat, bayam dari Rp 10 ribu turun menjadi Rp 7 ribu per ikat dan kangkung dari Rp 8 ribu per ikat sudah stabil di harga Rp 5 ribu per ikat,” kata Marsiah, pedagang sayur di Pasar Sabuh.  (hgn/yit)



Pos terkait