Mukhtarudin Kirim Bantuan Alat Pertukangan, Prihatin Perajin Kapal Tak Tersentuh Pemberdayaan

img 20230428 wa0000
DISKUSI: Anggota DPR RI, Mukhtarudin saat berdiskusi dengan para perajin perahu di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan pada Kamis (27/4/2023). (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kelompok Perajin perahu Tembaga Jaya, di Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selama ini minim perhatian.

Padahal perajin perahu ini menjadi salah satu mata pencaharian sebagian warga setempat yang bisa dibilang langka. Hampir tidak ada penerus dari generasi muda yang akan mewarisi profesi satu ini.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Maka mereka sangat berharap ada perhatian dan bantuan untuk mempertahankan profesi yang cukup langka tersebut.

Lurah Baru, M Ikhsan membenarkan bahwa selama ini mereka kurang perhatian, ia bersyukur Anggota DPR RI, Mukhtaruddin mempunyai kepekaan dan membantu para perajin perahu ini dengan beragam peralatan tukang.

Tidak jauh berbeda ungkapkan Ardiansyah ketua kelompok perajin perahu Tembaga Jaya, bahwa tanpa dukungan peralatan dan suport pemerintah ia khawatir profesi tersebut akan minim peminat.

“Kita mewakili para perajin perahu sangat berterimakasih karena ini baru pertama kalinya mendapat bantuan peralatan pertukangan untuk mendukung profesi kami,” ungkap Ardiansyah.

Baca Juga :  Belasan Hektare Tanaman Sayur Kebanjiran

Bantuan tersebut berupa 21 jenis alat perajin perahu. Sementara itu Dihadapan para perajin perahu, Mukhtarudin mengatakan bahwa ia datang langsung ke Kampung Baru (Kelurahan Baru) untuk meneruskan aspirasi masyarakat yang disampaikan beberapa waktu yang lalu.

“Kita realisasikan berupa bantuan alat pertukangan untuk pembuatan perahu kurang lebih ada 21 item, alat ini bermacam-macam jenisnya, dan hari ini langsung kita serahkan kepada kelompok masyarakat pengerajin perahu yang ada di Kelurahan Baru,” tuturnya.

Bantuan tersebut diharapkannya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat pengerajin perahu yang mulai langka ini. Dengan adanya alat yang memadai maka produktivitasnya baik dari sisi produksi maupun rezeki akan meningkat.

“Kita harapkan alat ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas perahu yang ada,” terang Mukhtarudin.

Ia juga sempat menyampaikan kepada pengerajin senior, agar bisa melakukan regenerasi, mengingat akan hilang jika tidak ada regenerasi.



Pos terkait