Musnahkan Tiga Sarang Dalam Semalam

sarang tawon 2
PEMUSNAHAN: Tim Animal Rescue Damkar Kobar saat penanganan sarang tawon di Jalan HM Rafii Pasir Panjang, Sabtu (29/4).(ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Tim Animal Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memusnahkan sarang tawon jenis Vespa Afinis disejumlah permukiman warga, Sabtu (29/4/2023) malam.

Sarang tawon berbagai ukuran tersebut dimusnahkan menggunakan cairan insektisida dan juga dibakar, personel dalam penanganan menggunakan alat pelindung diri, mengingat tawon jenis Vespa merupakan tawon yang berbahaya.

Bacaan Lainnya

Kabid Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Sapras Dinas Pemadam Kebakaran Kobar, Agus Dwi Suhartono mengatakan dalam penanganan tim mengalami kesulitan lantaran posisi sarang tawon berada di tempat yang sulit dijangkau.

“Dalam penanganan kita selalu memilih waktu malam hari, dan kesulitan yang dihadapi adalah ketika posisi sarang sulit dijangkau,” terangnya.

Menurutnya penanganan yang dilakukan pertama yaitu di rumah milik Ruslan di Jalan Abdul Kadir tepatnya di belakang Hotel Mercure di Kelurahan Baru. Ditempat ini tim tidak mengalami kesulitan dan sarang tawon berukuran besar dapat dibersihkan dan dimasukan dalam karung.

Baca Juga :  Gelombang Pasang Terjang Pesisir Kumai

Sukses menangani dilokasi pertama, animal rescue langsung meluncur ke Jalan Abdul Syukur tepatnya di GOR Kelurahan Raja, di lokasi ini tim menggunakan teknik bakar untuk memusnahkan sarang tawon.

“Kita bakar, karena posisinya sangat sulit untuk dijangkau, namun kita tetap mengutamakan keselamatan dalam penanganan,” tegasnya.

Penanganan terakhir, tim harus bersusah payah, karena sarang tawon yang bersarang di dinding Toko Logos Jalan Pasir Panjang itu tidak dapat dijangkau dengan tangga, akhirnya tim kembali membakar sarang tersebut hingga hangus.

“Ditiga lokasi itu kita membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk evakuasi, meski hujan gerimis Alhamdulillah tugas dapat diselesaikan oleh regu III Damkar Kobar,” pungkasnya (tyo/sla)

 

 

 

 

 

 



Pos terkait