Pabrik Pakan Ternak segera Berdiri, Kotim Siapkan Lahan Lima Hektare dan Anggaran Rp4,7 Miliar

pabrik pakan ternak
LOKASI PABRIK: Alat berat tengah meratakan lokasi pembangunan pabrik pakan ternak di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotim. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah direncanakan akhirnya akan segera terealisasi. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, sebagai lokasi pabrik pakan ternak.

”Alhamdulillah, pembangunan pakan ternak telah disepakati, ditetapkan lokasinya di Kotim. Rencananya, peletakkan batu pertama pembangunan pakan akan dihadiri Gubernur Kalteng pada Sabtu (9/9), akhir pekan ini,” kata Susilo, Ketua Kadin Kotim, Kamis (7/9).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hal itu merupakan bentuk perhatian dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan pabrik pakan ternak di Kotim. ”Saya juga berterima kasih kepada Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura yang selama ini sudah ikut berperan aktif,” katanya.

Dia melanjutkan, pembangunan pakan ternak di Kotim sudah sangat tepat. Hal itu cukup beralasan, mengingat Kotim memiliki potensi bahan baku yang melimpah, sehingga sudah saatnya Kotim menjadi produsen.

Baca Juga :  Minim Sosialisasi, Internet Belum Stabil, Mal Pelayanan Publik Masih Sepi

”Dengan bahan baku yang melimpah, sudah saatnya Kotim memproduksi sendiri pakan ternak yang diawali dengan pembangunan pabriknya. Apabila selesai dibangun, akan menjadi satu-satunya pakan ternak di Kalteng yang bisa memenuhi kebutuhan se-Kalteng. Tidak menutup kemungkinan memenuhi kebutuhan pakan ternak di luar Kalteng,” katanya.

Pemerintah Desa Bukit Harapan telah menghibahkan lahan seluas lima hektare yang diserahkan ke Pemprov Kalteng untuk kepentingan pembangunan pabrik pakan ternak yang berlokasi tepat di pinggir Jalan Trans Kalimantan km 9 arah Parenggean menuju Kecamatan Antang Kalang.

Sebelum ditetapkan di Desa Bukit Harapan, Dinas Pertanian Kotim dan perwakilan dari pejabat di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kalteng telah melakukan survei lokasi pabrik pakan ternak pada Jumat (12/1) lalu di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Namun, lokasi itu batal karena kurang strategis dan akses masuknya yang terlalu jauh dari jalan. Karena itu, ditetapkan lokasi baru di Desa Bukit Harapan.



Pos terkait