Pandemi Melandai, Lamandau Gelar Ritual Adat Balas Nazar Covid-19

Ritual balas nazar Covid-19 yang digelar Tokoh adat Kelurahan Tapin Bini
MENJAGA WARISAN: Ritual balas nazar Covid-19 yang digelar Tokoh adat Kelurahan Tapin Bini, Kecamatan Lamandau, Kabupaten Lamandau, Minggu (19/6). (RIA/RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK, RadarSampit.com – Tokoh adat Kelurahan Tapin Bini, Kecamatan Lamandau, Kabupaten Lamandau, menggelar ritual balas nazar Covid-19. Kegiatan itu dilakukan sebagai salah satu wujud pelestarian adat istiadat dan budaya nenek moyang yang masih dijunjung tinggi masyarakat setempat.

”Ritual adat ini dengan membuat pengajikan tujuh tingkat untuk memberi makan sangiang. Artinya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, Sangiang D’pucu Duata D’Babah yang sudah melindungi, menjaga, dan memberi kesehatan segenap warga Lamandau,” kata Mas Patingi Mulia Jaya Indra Yudi, Lurah Tapin Bini, Minggu (19/6).

Bacaan Lainnya

Beberapa waktu lalu, tuturnya, saat dilakukan pemasangan dua buah ”putas”, yakni seutas rotan yang dilintangkan di jalan, di bawah dan di atas kampung, pertanda larangan melintas, seluruh warga mematuhinya. Pasalnya, bagi warga yang melanggar akan menerima musibah bagi diri dan keluarganya, serta didenda adat.

Baca Juga :  Covid-19 Mengganas, Gelar Ritual Tolak Bala Serentak

Tingginya kepatuhan warga menjalankan pantangan saat wabah Covid-19 melanda , membuat virus itu tidak terlalu banyak memakan korban. Bahkan, warga yang sakit banyak yang sembuh.

Sementara itu, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana selaku Ketua DAD Lamandau mengatakan, acara adat balas nazar kegiatan tolak bala merupakan ungkapan rasa syukur atas rangkaian acara adat yang sebelumnya pernah dilakukan, yaitu Balalayah Pantang Pamali atau Tula’ Bala (Tolak Bala) yang dilakukan dalam upaya menekan penyebaran kasus Covid-19 di Lamandau.

”Inilah keunggulan masyarakat Lamandau yang mampu mengatasi wabah dengan budaya dan adat istiadatnya, sehingga hal ini perlu dilestarikan,” ujar Hendra. (mex/ign)

Pos terkait