Pelajar SD 2 Karang Mulya Wakili Kalteng

Lolos KSN Tingkat Nasional

KOMPETISI SAINS NASIONAL: Aditya Bagus Darmawan saat persiapan pelaksanaan KSN tingkat Provinsi Kalteng beberapa hari lalu. Dia berhak melaju ke KSN tingkat Nasional setelah lolos seleksi tingkat provinsi. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BANTENG-Prestasi membanggakan diraih pelajar Sekolah Dasar Negeri 2 Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat. Aditya Bagus Darmawan berhak melaju ke ajang Kompetisi Sains Nasional sebagai salah satu utusan Provinsi Kalimantan Tengah untuk bidang Matematika. Dia berhasil lolos setelah mengikuti seleksi ketat dengan pesaing hebat di KSN tingkat provinsi.

Kepala SD 2 Karang Mulya Rusdiansyah mengatakan bahwa perlu perjuangan keras untuk mencapai titik ini, karena selama masa pandemi Covid-19 kegiatan bimbingan dilakukan secara terbatas akibat penerapan protokol kesehatan.

Selain itu jangka waktu untuk persiapan juga terbatas saat akan mengikuti seleksi tingat provinsi beberapa waktu lalu. “Ternyata kondisi ini tidak mengurangi semangat anak didik kami untuk mempersiapkan diri agar mampu menghadapi kompetisi ini,” ujarnya.

Rusdi menyebut bahwa peran pembimbing dinilai cukup baik dan juga bantuan fasilitas belajar di sekolah yang cukup lengkap mampu menjadi pendukung pembelajaran dan melatih mental anak didik sebelum berkompetisi. “Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah mengarahkan anak didiknya dan berharap juga untuk terus mempersiapkan yang lebih maksimal untuk menghadapi level nasional ini,” katanya.

Seperti diketahui bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional melaksanakan tahap seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi untuk jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah yang diselenggarakan secara daring pada 28 September 2021 lalu.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Dikbud Kobar, M. Alamsyah menegaskan bahwa Kompetensi Sains Nasional (KSN) atau yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan agenda tahunan dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“KSN ini biasanya dilaksanakan secara tatap muka dan dilombakan mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional. Setiap sekolah mengirimkan siswa-siswa terbaiknya untuk mengikuti KSN demi meraih hasil maksimal. Para peserta yang lolos di tingkat Kecamatan akan mewakili Kecamatan di tingkat Kabupaten demikian seterusnya sampai tingkat Nasional,” katanya.

Untuk mencapai tingkat nasional bukan suatu hal yang mudah karena akan bersaing dengan semua provinsi yang ada di Indonesia dan semuanya ingin mendapatkan hasil maksimal demi mengharumkan nama daerah mereka di tingkat nasional. (sla)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar