Pemkab Kotim akan Perbaiki Kerusakan Jalan Sampit-Samuda 

perbaiki jalan
TINJAU JALAN: Bupati Kotim Halikinnor meninjau sejumlah titik jalan yang rusak di Jalan HM Arsyad, ruas Sampit-Samuda, Kamis (14/12/2023). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melakukan perbaikan di sejumlah titik jalan yang rusak di Jalan HM Arsyad, ruas Sampit-Samuda, meski jalan itu merupakan kewenangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Bupati Kotim Halikinnor didampingi dinas terkait meninjau langsung ke lapangan ruas bermasalah, Kamis (14/12/2023).

”Jalan HM Arsyad, Sampit-Samuda menjadi kewenangan provinsi tetapi kita melihat kondisinya sangat parah. Ada 10 titik yang kondisinya sangat parah dan harus segera dilakukan pemeliharaan,” ujar Halikinnor.

Bacaan Lainnya

Kerusakan yang ada di ruas jalan tersebut sudah cukup parah. Kondisi demikian membuat, truk terbalik saat melintas di kawasan itu. ”Saya dengar truk sampai terbalik dengan kondisi yang seperti itu,” ucapnya.

Halikinnor menyebut, untuk perbaikan pada 10 titik jalan yang rusak parah membutuhkan kurang lebih 200 m kubik agregat B untuk menutup titik tersebut. Dia berharap dalam waktu dekat perbaikan dilakukan Dinas PUPRPRKP Kotim. “Saya minta Dinas PU mungkin minggu depan sudah bisa dikerjakan, karena ini arus transportasi yang sangat vital, baik barang maupun orang. Jadi perlu perhatian khusus,” tegasnya.

Baca Juga :  Rice Milling Plant Ditargetkan Rampung Tahun Ini 

Lebih lanjut Halikinnor mengatakan, rencana perbaikan jalan yang menjadi kewenangan provinsi oleh kabupaten merupakan bentuk sinergitas Kotim dengan Pemprov Kalteng. ”Karena Kotim bagian dari Provinsi Kalteng, jadi kita bersama bersinergi, termasuk membangun jalan. Walaupun secara kewenangan ini menjadi kewenangan provinsi,” tuturnya.

Halikinnor menambahkan, pada saat penyerahan DIPA ke provinsi belum lama tadi, dia secara lisan sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas PUPR Kalteng, bahwa Pemkab Kotim akan membantu memelihara jalan tersebut. ”Kami akan membantu memelihara jalan agar arus transportasi tetap fungsional dan dapat dilalui masyarakat dan kami akan melaporkan langsung kepada Gubernur. Anggarannya dari anggaran pemeliharaan Dinas PU, sehingga lalu lintas nyaman, baik barang maupun orang,” tuturnya.

Selain meninjau kondisi jalan teri, Halikinnor bersama rombongan juga meninjau kondisi Jalan Partoe Muksin Mentaya Hilir Selatan. Ada beberapa titik rusak yang perlu perbaikan.



Pos terkait