Penempatan Guru Belum Merata

Penempatan Guru Belum Merata
ILUSTRASI: Kondisi lingkungan salah satu sekolah di pelosok. (dok.radarsampit)

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya mengingatkan pemerintah setempat, agar memerhatikan program peningkatan kualitas pendidikan. Terutama peningkatan kualitas guru, peserta didik hingga sarana dan prasarana.

Anggota Komisi C Mukarramah menyebutkan, peningkatan kualitas pendidikan ibarat pekerjaan rumah yang harus selalu diprioritaskan, karena sangat besar kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Bacaan Lainnya

“Terutama berkenaan dengan kualitas pendidikan, yang tidak hanya ditekankan pada wilayah perkotaan, namun juga wilayah pinggiran,” katanya, kemarin.

Menurutnya, selain peningkatan sarana dan prasaran sekolah, pemerataan tenaga pendidik dinilai memegang peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jangan sampai tenaga pendidik menumpuk di kota, tapi di pelosok justru kekurangan.

Untuk itu lanjut Mukarramah, pemerintah harus tegas dalam penempatan tenaga pendidik agar merata. Sehingga tidak akan ada lagi keluhan hambatan belajar mengajar akibat kurangnya tenaga pendidik.

Baca Juga :  Waspada Surat Palsu Pengangkatan Guru Honorer, Begini Isi Suratnya

“Bahkan kalau bisa pemerintah tidak menyetujui usulan pindah tugas tenaga pendidik dari daerah pinggiran ke perkotaan, jika memang belum waktunya dan masih terjadi kekurangan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, instansi sektor pendidikan dituntut mengatasi berbagai permasalahan, termasuk menyediakan anggaran. Dicontohkannya seperti untuk mempertimbangkan kenaikan tunjangan guru honorer di daerah pinggiran, termasuk memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik.

“Banyak tenaga guru yang telah memperjuangkan kualitas pendidikan di wilayah pinggiran, namun perhatian pemerintah kurang terlihat. Maka itu pemerintah kota bisa memperhatikan hal ini. Kalau itu diperhatikan, maka mereka akan betah meski jauh dari perkotaan,”pungkas Mukarramah. (sho/gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *