Penerangan Jalan Umum Mati Total, Jalan Kumai Gelap Gulita

pju mati total
GELAP: Kondisi jalan di ruas jalan utama kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (12/11) (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah ruas jalan utama Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mati total, akibatnya jalan gelap gulita dan rawan kecelakaan.

Titik padamnya PJU berada di jalur padat lalulintas yang biasa dilalui kendaraan besar  bermuatan.

Bacaan Lainnya

Salah seorang warga Kecamatan Kumai, Kistolani mengungkapkan penerangan jalan tersebut sudah lama tidak berfungsi, dan hanya menjadi penghias jalan.

“Dari jalan utama Pasir Panjang, Desa Batu Belaman Kapitan serta masuk Kumai Kota, Kumai Hilir Serra Jalan Masjid Al Baido dan Jalan Bendahara mati total,” terangnya, Sabtu (12/11).

Kondisi tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan, apalagi hampir setiap malam kapal penumpang dari Pulau Jawa sandar di Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Gelapnya kawasan ibukota kecamatan juga mengurangi estetika dan berbahaya bagi pengguna lalulintas karena rawan pembegalan.

Baca Juga :  Arut Utara Terancam Banjir Susulan

“Kumai pintu gerbang Kobar, harusnya lampu penerangan jalan menjadi perhatian. Karena kalau malam gelap gulita, praktis penerangan hanya dari teras rumah penduduk,” keluhnya.

Untuk itu ia berharap agar dinas terkait dan para pengambil kebijakan di Kabupaten Kobar memperhatikan hal itu, agar ketika ada penumpang yang turun dari kapal dan melintas di jalan ibukota kecamatan mendapat kesan yang baik secara estetika. (tyo/sla)

 

 

 

 

Pos terkait