Peringatan Hari Lahir Pancasila Diperingati Virtual

Peringatan Hari Lahir Pancasila Diperingati Virtual
WAWANCARA : Bupati Kotim Halikinnor ketika diwawancara wartawan, beberapa waktu lalu.(Yuni/Radar Sampit)

SAMPIT-Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertepatan pada Selasa 1 Juni 2021 besok akan digelar secara virtual. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.

Terkait penyelenggaraan tersebut,  Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual,” kata Halikinnor.

Diterbitkannya surat edaran  tersebut berdasarian Telegram Menteri Dalam Negeri Nomor 019.13201/SJ tanggal 28 Mei 2021 dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tanggai 1 Juni 2021, dan Bulan Bakti Pancasila.

Dalam SE tersebut,  ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), instansi vertikal dan Camat, kepala desa (Kades), Lurah wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jalan Pejambon Nomor 6 Jakarta secara Virtual di Kantor masing-masing pada Hari Selasa,  1 Juni 2021 Pukul 0800 WIB sampai dengan selesai.  Upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga :  Dewan Kotim Sentil Penanganan Karhutla Tahun Ini

Selain itu,  pada 1 Juni 2021  diminta agar masyarakat mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal Youtube Badan Pembinaan ideologi Pancasila, instagram Badan Penbinaan ldeologi Pancasila dan siaran TVRI dari kantor, ruang kerja, rumah tempat tinggal masing-masing, mulai pukul 09.45 WIB dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

“Karena kondisi pandemi kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 saat upacara Hari Lahir Pancasila,” ungkapnya.

Lebih lanjut setiap kantor, instansi/BUMD dan Badan usaha PT (Persero) agar mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari pada 1 Juni 2021. Tak lupa, semua Camat juga diminta untuk menghimbau kepada Kades maupun Lurah untuk mengajak masyarakat mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari pada 1 Juni 2021 di halaman kantor dan rumah masing-masing dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021. (yn/gus)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *