Peringati Hari Sumpah Pemuda Dengan Pawai Kebhinekaan

Ratusan Pelajar SD Kompak Kenakan Pakaian Adat

pawai
Ratusan pelajar Sekolah Dasar Negeri 1 Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat laksanakan pawai kebhinekaan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022, Jumat (28/10/2022). (Slamet Harmoko/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ratusan pelajar Sekolah Dasar Negeri 1 Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat laksanakan pawai kebhinekaan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022, Jumat (28/10/2022).

Pawai terasa lebih meriah karena semua peserta yang terdiri dari para pelajar, guru, dan pengurus komite itu kompak menggunakan pakaian adat nusantara.

Bacaan Lainnya

Jalur pawai menggambil rute di sekitar sekolah dan melintasi Jalan Jenderal Ahmad Yani (jalur provinsi) itu sempat menjadi perhatian masyarakat dan juga para pengguna jalan.

Kepala SDN 1 Karang Mulya, Kunti Mubsaroh mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara sekolah untuk memperkenalkan adat dan budaya yang beragam di Indonesia.

“Pesan yang ingin kita sampaikan dalam momen peringatan hari sumpah pemuda ini adalah intisari dari perjuangan pemuda yang selama ini turut andil dalam perjuangan kemerdekaan sekaligus menyatukan bangsa,” katanya.

Baca Juga :  Bencana Banjir Kerek Harga Bahan Pokok

Pihaknya menegaskan bahwa peringatan hari sumpah pemuda kali ini memang sedikit berbeda. Bila biasanya hanya upacara, kini ditambahkan pawai keliling ke lingkungan di sekitar sekolah.

“Di sekolah kami ini multietnis, tidak hanya hanya muridnya saja tapi hingga gurunya. Namun meski demikian tujuan kami adalah mencetak sumberdaya unggul untuk masa depan. Kita harapkan peringatan hari sumpah pemuda ini juga menjadi media pembelajaran penanaman rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada siswa sejak dini. Kita juga ingin mengajarkan agar siswa tidak lupa dengan sejarah,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan Kecamatan Pangkalan Banteng, Harnadi mengatakan bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari sumpah pemuda.

Pos terkait