Permintaan Tes PCR Mandiri di Sampit Kembali Meningkat

Tak Ada Batas Kuota, RSUD dr Murjani Sampit Layani Pemeriksaan Tes PCR Mandiri

rsud murjani sampit
LAYANAN TES PCR :  Pelayanan pemeriksan tes PCR mandiri terpusat di Ruang Laboratorium Patologi Klinik Lantai II (gedung baru) RSUD dr Murjani Sampit. (HENY/RADAR SAMPIT)

“Permintaan tes PCR mandiri paling banyak untuk keperluan perjalanan jalur transportasi udara (pesawat). Mereka yang hanya dosis 1 wajib menunjukkan tes PCR, sedangkan yang dosis 2 boleh rapid tes antigen atau tes PCR sesuai kurun waktu yang sudah ditentukan dan bagi yang sudah vaksin booster tidak wajib menunujukkan rapid tes antigen ataupun PCR. Kebanyakan pasien sudah mengikuti dosis dua yang datang kemari,” kata Arif Supriyanta, Selasa (26/7) lalu.

Arif mengatakan saat ini masyarakat Kotim tak perlu khawatir kehabisan kuota. Karena, pihak rumah sakit telah menyediakan penambahan alat bermerk elitech. Meskipun sampel yang terkumpul sedikit, masih tetap dilayani.

Bacaan Lainnya

Tahun lalu RSUD dr Murjani Sampit menerapkan pembatasan kuota sebanyak 128 orang yang terbagi 80 orang untuk layanan tes PCR mandiri, dan sisanya untuk layanan pemeriksaan PCR pasien rawat inap dan hasil tracing dari Dinkes Kotim.  Sejak awal tahun 2022 Dinkes Kotim sudah jarang melakukan tracing atau membawa orang suspect atau terduga Covid-19 sehingga rumah sakit hanya melayani pemeriksaan tes PCR untuk pasien rawat inap.

Baca Juga :  Tegaskan Gerakan PKK Didasari Semangat Pengabdian

Pembatasan kuota diterapkan untuk menyesuaikan kapasitas running mesin PCR yang hanya berkapasitas 16 tabung atau kelipatannya, serta keterbatasan SDM dan mesin yang hanya ada satu.

Meski tanpa batas kuota dan pelayanan dibuka setiap hari, pihaknya hanya membuka layanan selama tiga jam per hari. “Tarifnya (PCR mandiri) tetap sama, Rp 300.000. Layanannya dibuka sampai jam 10 pagi saja. Karena, jam 10 sudah mulai running dan hasil pemeriksaannya sudah bisa diketahui dan bisa diambil sekitar pukul 2 siang atau bisa diambil keesokan paginya,” tandasnya. (hgn/yit)

Pos terkait