Persaingan Internal untuk Rebut Rekomendasi PDIP di Pilgub Kalteng Bakal Sengit

Ilustrasi
Ilustrasi PDIP (MAHENDRA ADITYA/JAWA POS RADAR KUDUS)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Persaingan internal memperebutkan rekomendasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Pilkada Kalteng bakal sengit. Sejumlah nama kader banteng terus bermunculan untuk memperebutkan kursi gubernur dan wakil gubernur Kalteng.

Sebelumnya ada nama Agustiar Sabran, Willy M Yoseph, Supian Hadi, dan Halikinnor dari internal PDIP yang masuk bursa. Nama itu bertambah setelah Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto menegaskan kesiapannya untuk maju mencalonkan diri.

Bacaan Lainnya

Sigit menuturkan, banyaknya bakal calon yang muncul bisa dinilai langsung oleh masyarakat. Namun, dia menekankan sosok yang maju nantinya harus memiliki komitmen dan telah berkontribusi positif bagi pembangunan Kalteng.

”Harus ada kontribusi positif. Sosok pimpinan harus mampu memiliki terobosan dan visioner dalam rangka membangun Kalteng,” tegasnya.

Menurut Sigit, banyaknya bakal calon yang masuk bursa juga memperlihatkan dinamika demokrasi untuk membangun Kalteng lebih baik. ”Tidak apa-apa bermunculan. Itulah namanya demokrasi. Demokrasi itu siapa pun punya hak dan legitimasi dari masyarakat yang mengusulkan. Nanti pasti akan mengerucut juga,” ucapnya.

Baca Juga :  Antusiasme Warga Kotim Menyambut Haul ke 19 Guru Sekumpul

Sigit melanjutkan, dalam waktu dekat akan mendaftarkan diri ke PDIP termasuk partai lainnya yang membuka pendaftaran. ”Untuk pendaftaran tentu hal utama ke PDIP. Saya ini petugas partai dan masih berada di sistem struktur partai,” tegasnya.

Sigit memprediksi Pilkada Kalteng tahun ini ada tiga pasangan calon, meski bisa juga berpotensi hanya dua pasang. Hal itu mengacu pada situasi geopolitik di Kalteng dan hasil pemilu legislatif Februari lalu. (daq/ign)



Pos terkait