Petani Sawit Bersertifikat RSPO Dapat Insentif

rspo lamandau
RSPO: Para petani kelapa sawit yang tergabung dalam BUMDes Berkah Mulya Jaya menerima insentif.

NANGA BULIK, radarsampit.com – Ratusan petani swadaya kelapa sawit di Desa Mekar Mulya, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah tersenyum bahagia, Rabu (20/3/2024), untuk pertama kalinya mereka mendapatkan pembagian insentif book & claim.

Setiap hektare lahan yang dimiliki, mereka memperoleh insentif/kredit palm trace sebesar Rp 500 ribu. Ini karena mereka yang tergabung dalam BUMDes Berkah Mulya Jaya telah memiliki sertifikat RSPO.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah proses konversi tonase menjadi angka kredit dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan RSPO dalam wadah Palm Trace. Dalam penjualan angka kredit, kami mendapat dua buyer pembeli sertifikat atau angka kredit yakni unilever dan nestle dengan total dana mencapai Rp 700 juta. Dana tersebut dibagi sesuai porsi yang telah ditentukan sesuai kesepakatan antara organisasi BUMDes dengan anggota,” beber Ketua BUMDes Berkah Mulya Jaya Choirul Fuadi.

Sebanyak Rp 310 juta telah  disalurkan pada para petani pemilik kebun sawit. Dengan rincian untuk anggota mendapat porsi terbesar yakni sebesar 89% atau diangka Rp 275.900.000, dengan nilai Rp  500 ribu per hektare.

Baca Juga :  BPBD Lamandau Sempat Kesulitan Padamkan Karhutla

Kemudian untuk usaha BUMDes sebesar 5 persen  atau Rp 15.500.000. Kontribusi desa sebesar 4 persen atau Rp 12.400.000 dan CSR sebesar 2 persen. Tahun ini CSR diserahkan kepada siswa SD dan SMP, yang dipilih oleh sekolah dengan ketentuan orang tuanya anggota RSPO.

RSPO atau roundtable sustainable palm oil adalah salah satu sistem sertifikasi kelapa sawit yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan.

Banyak negara di dunia yang telah mengimplementasikan RSPO, mulai dari negara Indonesia, Malaysia, Thailand, Afrika hingga Amerika Latin.

Sertifikasi RSPO diikuti oleh perusahaan maupun petani swadaya yang dapat terhimpun dalam organisasi, mulai dari koperasi, posyantek, gapoktan, hingga BUMDes.

Di Lamandau sendiri jumlah petani swadaya yang bersertifikat RSPO baru 126 petani dengan luasan 537,35 hektare yang tergabung dalam naungan BUMDes Berkah Mulya Jaya Mekar Mulya.



Pos terkait