PPDB SMA dan SMK di Kalteng Sediakan Empat Jalur Penerimaan

ilustrasi ppdb
Ilustrasi PPDB. (jawapos.com)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 untuk SMA dan SMK di daerah itu berlangsung selama 26-28 Juni 2023. Ada empat jalur penerimaan yang disediakan.

Pelaksana Tugas Kepala Disdik Kalimantan Tengah Herson B. Aden di Palangka Raya, Senin, mengatakan empat jalur penerimaan itu, yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, serta prestasi.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan kuota jalur zonasi minimal 50 persen, afirmasi minimal 15 persen, perpindahan tugas orang tua maksimal lima persen, serta prestasi sisa kuota dari jalur lainnya.

Dia menjabarkan tentang jalur zonasi minimal 50 persen. Oleh karena berlaku minimal maka bisa saja lebih dari 50 persen. Untuk jalur zonasi dilihat dari banyaknya jumlah peserta didik di jalur pendaftaran.

Oleh karena jalur afirmasi minimal 15 persen, lanjutnya, maka bisa saja lebih dari 15 persen. Jalur ini dilihat dari banyaknya jumlah peserta didik yang melakukan pendaftaran.

Baca Juga :  Pemkot Palangka Raya Pastikan Paket Operasi Pasar Tepat Sasaran

Dia menjelaskan, pelaksanaan PPDB 2023 terbagi menjadi tiga kategori, meliputi moda daring terpadu sekolah yang pelaksanaannya satu sistem terpadu bekerja sama dengan penyedia akses jaringan.

“Kemudian online mandiri sekolah yang memiliki sistem masing-masing. Moda online mandiri dapat digunakan untuk sekolah-sekolah yang tidak termasuk dalam daftar penyelenggara PPDB online sistem terpadu,” katanya.

Dia menambahkan, moda lainnya yakni luring sekolah, yakni bagi sekolah yang berada di luar jangkauan jaringan internet. Dia mengharapkan pelaksanaan PPDB luring tetap memperhatikan prokes.

Tahapan lanjutan usai pendaftaran, di antaranya pengumuman hasil seleksi PPDB pada 30 Juni, pendaftaran kuota sisa PPDB pada 1 Juli, pengumuman hasil seleksi kuota sisa pada 3 Juli, dan pendaftaran ulang pada 4-7 Juli 2023.

Petunjuk teknis secara detail mengenai PPDB Tahun Ajaran 2023/2024, kata dia, masyarakat dapat mengakses di situs resmi Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah. (ant)



Pos terkait