Puluhan Pohon Sawit di Sampit Rusak Diamuk Satwa Liar Ini

gangguan orangutan
OBSERVASI: Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah saat melakukan observasi di lokasi gangguan orangutan, Jalan Jenderal Sudirman Km 18. (ISTIMEWA)

SAMPIT, radarsampit.com – Puluhan tanaman kelapa sawit milik warga Jalan Sudirman Kilometer 18 Sampit rusak. Rusaknya puluhan pohon sawit tersebut diduga karena ulah orangutan.

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah menyebut, pihaknya menerima laporan kemunculan orangutan yang memasuki kebun warga, Senin (27/2).

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Kami menerima laporan adanya kemunculan orangutan di kebun warga, yang diduga merusak puluhan batang tanaman kelapa sawit. Sekitar satu bulan yang lalu kejadian di lokasi ini juga sudah dua kali dilaporkan,” sebutnya.

Pihaknya langsung menindaklanjuti laporan warga dengan melakukan observasi. Dari hasil observasi ditemukan banyak anak pohon kelapa sawit yang diduga dirusak oleh orangutan.

“Kami menemukan anakan kelapa sawit yang telah rusak. Perkiraan sudah tiga hari yang lalu,” sebutnya.

Baca Juga :  MIRIS!!! Balita Tewas ”Ditelan” Selokan, Kedalamannya sampai Satu Meter

Dari keterangan pelapor, sekitar 50 batang anakan sawit yang sudah dirusak dan dimakan orangutan. Sementara itu lokasi kemunculan orangutan merupakan kebun warga yang terdiri dari kebun buah dan kelapa sawit.  Lokasi gangguan pun sangat luas, sekitar ratusan hektare memanjang di sekitar Jalan Jenderal Sudirman dari Km 15 – Km 23.

Warga diimbau tetap waspada saat berkebun. Apabila mendapati orangutan atau gangguan binatang lainnya agar menghubungi BKSDA atau aparat terdekat.

Masyarakat juga dilarang mendekati atau menangkap satwa dilindungi. (yn/yit)



Pos terkait