Ribuan Personel Polda Kalteng Siap Amankan Pemilu

polda kalteng
PENGAMANAN PEMILU : Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Telabang 2023-2024 bertempat di Lapangan Barigas, Mapolda Selasa, (17/10/2023). (DODI/RADAR PALANGKA) 

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Sebanyak 1.988 personel gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan sejumlah stakeholder terkait lainnya dilibatkan pengamanan Pemilu dan Pilkada di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pengamanan dengan sandi Operasi Mantap Brata Telabang 2023-2024 ini telah resmi digelar Polda Kalteng yang ditandai dengan gelar pasukan di lapangan Barigas, Mapolda Kalteng, Selas (17/10).

Bacaan Lainnya

Apel dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto didampingi Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo dan Kasi Ops Kasrem 102/Pjg, Kolonel Inf. Rendra Dwi A.

Kapolda Kalteng menekankan, operasi yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia ini, dilakukan guna mengamankan jalannya Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang. Meski pun Kalteng saat ini masuk dalam kategori provinsi yang kurang rawan. Namun dengan geografis yang dimiliki, pihaknya tetap melakukan pengamanan dengan maksimal.

Baca Juga :  Warga Kalteng Ini Pingsan saat Antre di Pasar Murah

” Keberhasilan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu memerlukan kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait,” kata Nanang.

Nanang menambahkan, Tahun 2024 mendatang adalah pesta demokrasi terbesar yang menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi sudut penentuan bangsa.

“Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh dengan mensukseskan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan serentak dengan rentang waktu yang berdekatan,” tambahnya.

Sementara, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menekankan, bahwa Pemprov Kalteng sudah membentuk Desk Pilkada jelang pesta demokrasi pada tahun 2024. “Desk Pilkada terdiri dari berbagai unsur yakni pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota yang mempunyai tugas mengkoordinir keamanan, ketertiban, kondisi politis dan lain-lain,” tegasnya.

Ia mengungkapkan bahwa Pemprov Kalteng telah menyatakan kesiapannya dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang melalui anggaran yang disediakan.“Melalui dana cadangan dan di tahun 2024 akan datang ini juga sudah teranggarkan keseluruhan dana yang ditentukan,” ungkap Wagub.



Pos terkait