RMU Dapatkan Sertifikasi B Corp

Berkomitmen pada Standar Praktik Bisnis Tinggi untuk Tingkatkan Dampak Positif

Hutan gambut
MENGURANGI EMISI KARBON: Kawasan konsesi untuk restorasi dan konservasi ekosistem hutan gambut yang dikelola PT Rimba Makmur Utama (RMU) di Provinsi Kalimantan Tengah.

JAKARTA – PT Rimba Makmur Utama (RMU) telah mendapatkan sertifikasi B Corp, dan telah resmi menjadi salah satu dari 5.020 Certified B Corporation™  dari 154 industri di 80 negara yang dinilai telah membuat dampak positif bagi para pemangku kepentingannya dan bagi masyarakat.

RMU adalah Nature-Based Solution Enterprise (perusahaan yang berkontribusi pada penurunan emisi karbon melalui solusi berbasis alam) yang memulai dan mengelola Katingan Mentaya Project (KMP) – sebuah pendekatan usaha restorasi dan konservasi ekosistem hutan gambut seluas 157,000 hektar di Kalimantan Tengah melalui Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH).

RMU bekerja sama dengan masyarakat serta unsur pemerintah desa di 35 desa di sekitar wilayah  konsesi,  menciptakan mata pencaharian alternatif yang berkelanjutan bagi masyarakat lokal, meningkatkan perekonomian serta melakukan kegiatan edukasi dan peningkatan kapasitas di berbagai bidang, seperti cara bertani tanpa bakar dan tanpa bahan kimia, edukasi mengenai kesehatan dan kebersihan, nutrisi, kewirausahaan, serta berkontribusi bagi pencapaian 12 tujuan UN SDGs.

KMP merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya, yakni sebesar kurang lebih 7.5 juta ton CO2 per tahun selama 60 tahun masa konsesi, atau setara dengan menghilangkan emisi yang dikeluarkan oleh 2 juta mobil per tahun.

Baca Juga :  Polres Kotim Bongkar Penyelewengan Elpiji Subsidi, Diduga Biang Kerok Kelangkaan

“Kami bersyukur telah secara resmi memperoleh B Corp Certification, yang mencerminkan komitmen kami terhadap keberlanjutan, transparansi, dan bisnis yang bertanggung jawab. Sebagai Certified B Corporation™, kami berkomitmen pada standar praktik bisnis tinggi, untuk terus menciptakan dan meningkatkan dampak positif bagi  masyarakat, lingkungan, klien  dan karyawan kami,” kata CEO RMU Dharsono Hartono.

Pos terkait