Sambangi Pangeran Muasjidinsyah, Rocky Gerung Bahas Sejarah

rocky gerung sambangi pangeran muasjidinsyah
KUNJUNGAN: Rocky Gerung berfoto bersama Pangeran Muasjidisyah, selalu Menteri Luar Kesultanan Kutaringin, Selasa (9/1/2024). (Istimewa/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com –  Tokoh kontroversial Rocky Gerung menyambangi Istana Kuning, tepatnya di kediaman Pangeran Muasjidinsyah selaku Menteri Luar Kesultanan Kutaringin di Jalan Pangeran Adipati, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (9/1/2024).

Sosok yang sering tampil di layar kaca dan berbagai media sosial itu bersilaturahmi dan banyak berbicara terkait sejarah di masa kesultanan kotawaringin. Juga terkait peran kesultanan dalam NKRI.

Bacaan Lainnya

”Banyak membahas sejarah saja tadi dengan Pangeran Muasjidisyah,” kata Agustadi Saputra, Ketua Penelitian Pengembangan Kesejarahan Kesultanan Kotawaringin yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Beberapa hal lain yang sempat dibahas, yakni Sultan Kotawaringin menyatakan bergabung dengan NKRI pada 17 Desember 1945 berdasarkan arsip KNI/parlemen DPRD saat ini.  Kemudian, terkait Sultan Kotawaringin sebagai penasihat Tentara Keamanan Rakyat (TKR) tahun 1945 yang didasarkan pada catatan Istana Kuning dalam sejarah TNI AD.

Baca Juga :  Masjid Jami Assalam, Jadi Tempat Ibadah Para Saudagar, Kuburan Dipindah demi Perluasan Masjid

”Banyak yang dibahas terutama soal sejarah. Seperti masa sultan XIII menetapkan kawasan Suaka Margasatwa Kotawaringin yang sekarang TNTP (Taman Nasional Tanjung Puting). Ada juga terkait Kotawaringin daerah Swapraja,” ujar Agustadi.

Informasi dihimpun, Rocky Gerung sempat menggelar diskusi bersama calon anggota legislatif DPR RI yang berkunjung ke Kobar bersama beberapa mahasiswa. Kemudian berkunjung ke Kabupaten Lamandau, dilanjutkan ke Istana Kuning. Lalu kembali ke Jakarta. (sam/ign)



Pos terkait