Santai Sikat Kotak Amal, Maling Bengis di Pangkalan Bun Ini Terekam Kamera Pengawas

maling kotak amal
MALING: Pelaku pencurian kotak amal terekam kamera pengawas saat beraksi di Masjid Baburrahmah, Jalan Paku Negara, Pangkalan Bun, Kamis (21/9/2023). (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Aksi pencurian kotak amal di Kota Pangkalan Bun semakin menjadi-jadi. Pada Kamis (21/9), sekitar pukul 01.10 WIB, Masjid Baburrahmah di Jalan Paku Negara, jadi sasaran maling yang membobol kotak amal.

Sebanyak tiga kotak amal di teras masjid ludes tanpa sisa disikat pelaku. Aksi pencurian tersebut sempat terekam kamera pengawas.

Bacaan Lainnya

Dalam video rekaman, pelaku yang mengenakan kaos kuning masuk dan langsung menuju teras masjid. Dia langsung menuju kotak amal dan merusak gembok, lalu menguras isinya.

Dini hari itu, lingkungan di RT 14 sangat sepi. Kondisi tersebut membuat pelaku leluasa melakukan aksinya. Bahkan, dia terlihat begitu santai saat membuka gembok yang terbuat dari besi dan stainles steel hingga mengeluarkan uang dari kotak amal.

Insiden tersebut baru diketahui Imam Masjid Baburrahmah, Kholili, saat akan melaksanakan salat subuh. Sang imam melihat gembok kotak amal sudah berada di lantai.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalan Bun Ramaikan Finance & Property Expo 2024

”Kotak amal yang pertama saya lihat yang berada di dekat pintu masuk masjid sebelah kiri. Saya kira cuma satu, ternyata semua kotak amal yang berjumlah tiga hilang uangnya,” ujar Kholili, Jumat (22/9/2023).

Mirisnya, kotak amal yang letaknya berada di dekat toilet juga raib. Bahkan, kotak dibawa ke belakang masjid. Menurutnya, kotak amal dibuat setiap Jumat atau sepekan sekali. Dari empat kotak amal di masjid, tiga di antaranya isinya ludes dengan nilai kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 juta.

Mengingat pencurian kotak amal di masjid tersebut sudah kesekian kalinya, pengurus masjid sepakat melaporkan kasus itu ke polisi. ”Informasi yang kami terima, pelaku sudah tertangkap. Berkat kerja cepat kepolisian, akhirnya dalang pencurian bisa terungkap,” katanya. (tyo/ign)

 



Pos terkait