Sejumlah Fakta Menarik Jelang Indonesia U23 vs Guinea U23

Indonesia U23 vs Guinea U23
Indonesia U23 vs Guinea U23

Duel Indonesia menghadapi Guinea akan menjadi laga menarik karena kedua tim akan bertarung habis-habisan untuk bisa bertanding pada pesta olahraga antar benua, Olimpiade. Ada sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui terkait laga itu.

  1. Pertemuan pertama

Duel antara Indonesia menghadapi Guinea pada Kamis (9/5/2024) merupakan pertemuan pertama kedua tim di ajang resmi internasional. Hal tersebut memang wajar karena keduanya berasal dari dua benua berbeda, sehingga potensi bertemu hanya saat ajang laga persahabatan, Piala Dunia atau Olimpiade.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, federasi sepakbola Afrika dan Asia memiliki turnamen sepakbola sendiri, sehingga negara dari dua federasi tersebut tidak mungkin bertemu kecuali di dua turnamen antar benua di atas.

  1. Diperkuat pemain liga Eropa

Baik Guinea U-23 dan Indonesia U-23 sama-sama diperkuat sejumlah pemain yang berlaga di liga Eropa.

Dikutip dari Transfermarkt, Guinea bahkan memiliki 14 pemain yang berlaga di benua biru.Sedangkan pemain Indonesia yang bermain di liga Eropa memang tidak sebanyak Guinea, namun starting eleven Tim Garuda juga banyak diisi oleh pemain naturalisasi.

Sebut saja nama-nama seperti Nathan Tjoe-A-On (Heerenveen), Ivan Jenner (Utrecht), Marselino Ferdinand (KMSK Deinze), hingga Rafael Struick (Ado Den Haag).

  1. Jika Lolos, masuk grup neraka
Baca Juga :  NGERI!!! Kalteng Jadi Sasaran Sindikat Internasional Narkoba, BNN Amankan 5 Kg Sabu

Tim yang lolos dari play off, entah itu Indonesia atau Guinea, akan tergabung di grup A yang merupakan grup neraka di cabang sepakbola Olimpiade.

Dilansir dari laman resmi FIFA, tiga tim yang sudah menghuni grup A adalah Perancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Ketiganya merupakan tim kelas dunia yang sudah berpengalaman berlaga di turnamen antar negara.

  1. Negara Asia Tenggara pertama di play off Olimpiade

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang berlaga di play off Olimpiade. Pencapaian tersebut bisa saja meningkat jika menang lawan Guinea, karena tim Garuda akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang lolos ke fase grup sepakbola Olimpiade melalui jalur play off.

  1. STY pernah hadapi Guinea

Indonesia memang belum pernah bertemu Guinea, namun Shin Tae-yong (STY) pernah menghadapi tim asal Afrika tersebut di Piala Dunia U-20 tahun 2017.Transfermarkt mencatat, saat itu STY masih menangani Korea Selatan. Bersama Tim Negeri Ginseng, STY sukses mengalahkan Guinea dengan skor telak 3-0.

  1. Bertanding di tempat lahirnya para legenda Perancis

Clairenfontaine akan menjadi venue pertandingan Indonesia vs Guinea, Kamis (9/5/2024). Arena pertandingan tersebut memang bukanlah stadion besar nan megah.



Pos terkait