Indonesia U23 vs Guinea U23, Timnas Bertaruh dengan Perubahan Komposisi

timnas indonesia
PERSIAPAN : Skuad timnas U23 Indonesia saat berlatih menjelang laga playoff Olimpiade Paris 2024, yang akan digelar hari ini (9/5) pukul 20.00 WIB.

Radarsampit.com – Komposisi pemain timnas Indonesia U23 dalam playoff Olimpiade Paris 2024 di Stade Pierre-Pibarot, Prancis, Kamis (9/5/2024) mulai pukul 20.00 WIB hari ini berpeluang mengalami banyak perubahan, sehubungan dengan absennya Rizky Ridho dan Justin Hubner.

Pemenang playoff otomatis lolos ke Olimpiade 2024, sementara tim kalah sudah dipastikan tertutup kesempatan untuk tampil di multievent olahraga itu. Pertandingan menggunakan format single leg, sehingga tak ada kesempatan kedua bagi Indonesia maupun Guinea.

Bacaan Lainnya

Ridho tak bisa tampil lantaran masih dalam masa skorsing kartu merah, sementara Hubner sudah kembali ke klub Cerezo Osaka (Liga Jepang). Kini pemain belakang asal PSIS Semarang, Alfreanda Dewangga, telah disiapkan untuk menambal kekosongan.

Dewangga sejatinya sempat masuk dalam daftar pemain Indonesia untuk Piala Asia U23 2024 lalu. Akan tetapi pemain yang sudah mengemas 14 caps senior tersebut masih dalam masa pemulihan cedera. Kini Dewangga mendapat kesempatan sekali lagi untuk masuk skuad Indonesia U23.

Baca Juga :  Razia Polisi Tak Bikin Pembalap Liar Ciut Nyali, Begini Jadinya

Selain itu, Indonesia U23 juga  melakukan panggilan kepada bek muda Elkan Baggott dari klub Ipswich Town (Liga Inggris). Tapi kehadiran Elkan belum bisa dipastikan, meski kehadirannya pada menit akhir jelang laga masih dimungkinkan.

Dewangga dan Elkan memang diproyeksikan sebagai pengganti ideal bagi posisi yang ditinggalkan Ridho dan Hubner. Ketika Piala Asia U23 2024, Ridho dan Hubner memang memainkan peran krusial dalam skema 3 bek yang diterapkan pelatih Shin Tae-yong.

Selain para pemain tersebut, opsi darurat untuk pemain belakang agaknya juga bisa diberikan kepada Nathan Tjoe A On. Terbukti Nathan bisa bermain solid mengisi lini belakang ketika Indonesia menghadapi Irak di perebutan peringkat 3 AFC U23 2024.

Sementara posisi ideal bagi Nathan sejatinya adalah di barisan tengah menjadi double pivot bersama Ivar Jenner. Hanya saja, komposisi skuad tidak lengkap saat ini dapat memaksa pelatih STY untuk melakukan pertaruhan.

Selain Nathan, Dewangga sejatinya juga dikenal sebagai pemain versatile yang bisa mengisi pos tengah dan belakang. Menarik dinanti soal pilihan line-up pelatih STY terkait posisi bek sentral dan gelandang bertahan.



Pos terkait