Tak Perlu ke Jakarta, Di Pangkalan Bun Sudah Ada Istana Negara

Dibangun Konvensional, Jadi Wahana Swafoto Masyarakat

isntana negara pangkalan bun
MIRIP ISTANA NEGARA: Gedung utama Genius College mirip istana negera di Jakarta. Bangunan berarsitektur zaman kolonial Belanda itu berada di dalam sebuah jalan kecil di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan. Sejumlah warga Pangkalan Bun sedang berfoto di depan gedung kampus mirip istana negara (RISTIANTORO/RADAR SAMPIT)

ISTANA NEGARA pindah dari Jakarta ke Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Bangunan berarsitektur zaman kolonial Belanda itu berada di dalam sebuah jalan kecil di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan.

Tapi jangan salah sangka dulu, istana negara yang satu ini ternyata hanyalah replika. Bangunan yang berada di Jalan Arwana ini sengaja didesain semirip mungkin dengan istana kepresidenan yang asli.

KOKO SULISTYO, Pangkalan Bun

Enam pilar tinggi yang menopang bagian depan bangunan, tiga pintu besar, dan dua jendela dengan material kayu di sisi kiri dan kanan menjadikan gedung kampus Genius College menyerupai Istana Negara di Jakarta.

Ornamen lambang negara berupa burung Garuda juga terpasang di bagian atas tengah gedung bercat putih itu. Ada 12 buah bendera berjejer rapi dan satu tiang bendera besar di halaman depan menambah kesan megah tampilan bangunan yang diresmikan Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah, Senin (25/10).

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 819 meter persegi itu terdapat air mancur di sisi kirinya dan teras bernuansa putih dengan kursi dan meja kayu bergaya klasik.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Operasi Yustisi di Bandara

Dari kejauhan, keunikan bangunan kampus yang dibangun selama 1,7 tahun ini sangat memanjakan mata warga Kota Pangkalan Bun yang melintasi Jalan Rambutan. Bangunan tersebut dapat terlihat dari jarak hampir satu kilometer. Berdiri tepat di belakang demplot cetak sawah, membuat pandangan mata tidak terhalang oleh apapun.

Owner Genius College, Erik Munandar menyampaikan bahwa bangunan kampus  tersebut memang secara keseluruhan terlihat mirip Istana Negara atau serupa tetapi tidak sama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.