Tiga Kecamatan Kebanjiran, Ribuan Rumah Terendam

banjir
TERENDAM: Rumah warga yang berada di pinggiran sungai terendam banjir akibat meluapnya DAS Kahayan, Senin (23/8). (BPBD GUNUNG MAS FOR RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN – Tingginya curah hujan di Kabupaten Gunung Mas, membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan meluap dan merendam ribuan rumah warga yang berada di pinggiran sungai. Ada tiga kecamatan yang dilanda banjir cukup parah, yakni Miri Manasa, Damang Batu, dan Kahayan Hulu Utara.

”Dari laporan yang kami terima, hampir semua desa di tiga kecamatan itu terendam banjir. Terutama desa yang berada di daerah hulu,” kata Kepala BPBD Gumas Champili, Senin (23/8).

Bacaan Lainnya

Dampak banjir itu, kata dia, mengakibatkan akses transportasi darat menuju ke tiga kecamatan terputus total. Bahkan, banjir sudah mulai memasuki wilayah Kecamatan Tewah dan Rungan.

”Meski rumahnya terendam banjir, warga desa masih tetap memilih bertahan di rumah mereka masing-masing,” ujarnya.

Sejauh ini, BPBD Gumas belum mengambil tindakan, karena banjir yang merendam rumah warga belum mencapai tiga hari. Namun, instansi itu akan tetap terus memantau perkembangan banjir.

Baca Juga :  Pasang Kamera Pengawas di Titik Banjir

”Sesuai standar operasional prosedur (SOP), apabila banjir sudah merendam rumah selama tiga hari, kami akan langsung mengambil tindakan, seperti melakukan evakuasi dan menyalurkan bantuan,” ujarnya.

Selain curah hujan tinggi dan pendangkalan DAS Kahayan, dia menambahkan, bencana banjir yang terjadi di bagian hulu, juga terjadi karena adanya aktivitas perusahaan besar swasta (PBS), penambangan liar, dan penebangan hutan.

Banjir parah juga terjadi di Kabupaten Katingan dan merendam ratusan rumah warga. Bahkan, ketinggian air mencapai lebih dari dua meter akibat luapan Sungai Katingan. Bencana itu jadi perhatian sejumlah pihak yang langsung menyalurkan sejumlah bantuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.