Transaksi SPKLU Naik Lima Kali Lipat Selama Masa Mudik Lebaran

SPKLU PLN
FASILITAS REST AREA: Pengguna Hyundai Ioniq 5 melakukan pengisian di SPKLU PLN di Rest Area Kilometer 228A ruas Tol Kanci–Pejagan, saat arus mudik Lebaran 2024.

JAKARTA, radarsampit.com – Ribuan unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) disediakan untuk melayani pengguna kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Total, ada 1.299 SPKLU di 879 lokasi jalur mudik yang siap digunakan selama 24 jam.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agus Cahyono menyebut, transaksi tertinggi terjadi terdapat pada SPKLU Rest Area Kilometer 57A, dan untuk non-rest area terdapat pada SPKLU UID Jakarta Raya.

Bacaan Lainnya

“Transaksi penggunaan SPKLU oleh masyarakat meningkat signifikan. Jumlah transaksi SPKLU di rest area pada periode mudik Lebaran 2024 meningkat lima kali lipat dibanding 2023. Begitu halnya dengan konsumsi energi listrik SPKLU juga meningkat hingga 5,2 kali lipat,” ujar Agus.

Dia memerinci, data PLN mencatat transaksi tertinggi terdapat pada SPKLU Rest Area KM 57A sebesar 1.323 KWH. Sementara, di SPKLU UID Jakarta Raya mencapai 4.632 KWH.

Jika dibanding Lebaran 2023, kala itu SPKLU hanya ada di beberapa rest area. Saat ini, sudah tersedia di seluruh rest area Tol Trans-Jawa dan Tol Trans-Sumatra (Lampung–Palembang), serta di ruas jalan nasional.

Baca Juga :  Masih Ada 449 Desa di Kalteng Belum Teraliri Listrik

“Pemerintah telah menyiapkan SPKLU di jalur-jalur mudik dari Merak sampai Banyuwangi dan Bakauheni sampai Palembang dengan dengan rata-rata jarak antar-SPKLU sekitar 23 km, sehingga sangat aman untuk mudik menggunakan kendaraan listrik,” ungkap Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo.

Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, pemerintah juga telah menyiapkan 1.839 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) dan 9.771 unit stasiun pengisian listrik umum (SPLU) bagi roda dua.

Darmawan menambahkan, PLN juga menambahkan beberapa fitur pada aplikasi PLN Mobile. Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

“Apabila, masyarakat membutuhkan bantuan pengisian daya darurat bisa menekan pop up hotline SPKLU pada aplikasi PLN Mobile. Melalui layanan khusus, kami menyiagakan tiga SPKLU bergerak yang akan menyisir ruas Tol Jakarta–Cileunyi dan Tol Jawa Tengah–Jawa Timur,” bebernya. (dee/JPG/rom/k15)



Pos terkait