156 Calon Anggota PPK di Kotim Ikuti Seleksi

seleksi
SELEKSI: Calon anggota PPK Pilkada 2024 mengikuti seleksi tes CAT yang diselenggarakan KPU Kotim di Universitas Darwan Ali, Jalan Batu Berlian, Selasa (7/5/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 156 calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang telah lolos seleksi administrasi, mengikuti tes seleksi (Computer Assisted Test) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

”Ada 156 calon anggota PPK yang telah lolos seleksi administrasi mengikuti seleksi CAT hari ini. Sepuluh pendaftar lainnya tidak lolos seleksi karena tidak memenuhi syarat,” kata Muhammad Rifqi, Ketua KPU Kotim, Selasa (7/5/2024).

Bacaan Lainnya

Pendaftaran dibuka pada 23-29 April 2024 lalu. Namun, karena jumlah pendaftar masih kurang dari dua kali jumlah PPK yang dibutuhkan, diperpanjang sampai 2 Mei 2024 khusus di 12 kecamatan, sehingga total pendaftar sebanyak 166 orang.

Rifqi mengatakan, seleksi CAT digelar di dua lokasi berbeda, yakni di Gedung Lembaga Pendidikan Profesional (LPP Quantum) Jalan Pramuka dan Gedung Universitas Darwan Ali (Unda) Jalan Batu Berlian.

”Tes CAT dilaksanakan sehari saja di dua lokasi dengan pembagian dua sesi pagi dan siang. Di LPP Quantum sesi pertama diikuti 50 orang dan sesi kedua 48 orang. Sedangkan, di Unda sesi pertama dan kedua diikuti 29 orang per kelas,” katanya.

Baca Juga :  Sabu Senilai Rp 177 Juta Dicampur Cairan Kimia lalu Dibuang

Sebanyak 156 calon anggota PPK yang mengikuti tes diberikan waktu 90 menit untuk menjawab 75 soal pilihan ganda secara online yang disediakan KPU RI. Selama mengerjakan soal, peserta juga diawasi Komisioner KPU Kotim dan juga dihadiri anggota Bawaslu Kotim.

”Materi soal baru dikirim ke kami jam 6 pagi tadi dan langsung dikoneksikan ke komputer secara online,” ujarnya.

Lebih lanjut Rifqi mengatakan, kebutuhan PPK berjumlah sebanyak 85 orang. ”Setelah tes seleksi CAT akan diambil tiga kali kebutuhan, yaitu 15 orang di masing-masing kecamatan.

Tetapi, setiap kecamatan berbeda-beda. Calon PPKnya ada yang kurang dan ada yang lebih dari tiga kali yang dibutuhkan. Nama-nama yang lolos seleksi tes CAT akan diumumkan 10 Mei 2024,” ujarnya.

”Pada rentang tanggal 4-10 Mei 2024 juga ada tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota PPK,” tambahnya.



Pos terkait