Ada Seafood hingga Arena Bermain di Pesisir Sukamara  

PANTAI SUKAMARA
LIBURAN: Warga saat berlibur ke pesisir pantai Sukamara saat hari libur.  (fauzi/radar sampit)

SUKAMARA, radarsampit.com – Kabupaten Sukamara mempunyai garis pantai sekitar 75 kilometer. Garis pantai itu melalui Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai. Sepanjang pantai terdapat titik-titik lokasi yang dijadikan tempat rekreasi. Misalnya di Desa Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci yang kini menjamur rumah makan tepian pantai.

Perjalanan dari Kota Sukamara menuju pesisir pantai Kecamatan Pantai Lunci hanya sekitar 20-30 menit. Kondisi jalan sudah beraspal hingga Desa Cabang Barat, yang banyak dibangun rumah makan di tepi pantainya itu. Menuju lokasi ada dua jalan; pertama melalui jalan pemukiman di pesisir pantai. Kondisi jalan cukup nyaman namun sebagian belum aspal. Kedua, melalui jalan poros Pantai Lunci-Jelai, kemudian ke pesisir lewat jalan yang tak jauh dari kantor kecamatan.

Bacaan Lainnya

Lewat jalan poros, jangan khawatir tersesat. Para pemilik rumah makan sudah memasang tanda menuju lokasi. Di lokasi dijumpai banyak rumah makan tepian pantai, sekitar lima tempat. Posisinya juga saling berjejer, sehingga tinggal pilih saja. Masing-masing menawarkan beragam menu makanan seafood. Tempat makan dibangun dengan banyak pondok lesehan. Satu lesehan dapat diisi sekitar 4 hingga 6 orang.

Baca Juga :  Pemkab Sukamara Persiapkan Home Stay di Pantai Tanjung Nipah

Para pengunjung juga tidak hanya datang dari Sukamara, banyak juga yang datang dari wilayah tetangga. Ada yang datang dari Pangkalan Bun, Lamandau, Palangka Raya, hingga Kalimantan Barat. Biasanya akhir pekan rumah-rumah makan itu dipadati para pengunjung. Ada yang datang berpasangan, bersama keluarga, maupun rombongan.

“Sabtu dan Minggu biasanya banyak pengunjung. Apalagi libur hari besar, semua rumah makan banyak pengunjungnya,” cerita Ipan, salah seorang warga setempat.

Setiap rumah makan selain menyediakan pondok-pondok lesehan, juga menyiapkan sarana bermain bagi anak-anak, serta spot berswafoto. Kontur pantai  yang landai juga membuat cukup aman jika ada pengunjung yang bermain air laut. Namun untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, pengelola rumah makan memasang tanda peringatan agar berhati-hati terhadap hewan berbisa yang berada di dalam air laut.



Pos terkait