AKHIRNYA!!! Pasar Rakyat Mentaya Selesai Bulan Ini

pasar rakyat mentaya
HAMPIR SELESAI: Bangunan Pasar Rakyat Mentaya di Jalan Ahmad Yani yang tadinya difungsikan sebagai lapak ikan sudah dirombak menjadi Swalayan UMKM, Selasa (6/9). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Renovasi bangunan Pasar Rakyat Mentaya yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani ditargetkan selesai akhir September 2022. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mentargetkan peresmian Swalayan UMKM pada November.

“Selambat-lambatnya saya targetkan pekerjaan bulan ini selesai. Sehingga,  November sudah dapat diresmikan Pak Bupati Kotim,” kata Zulhaidir, Selasa (6/9).

Bacaan Lainnya
Gowes

Zulhaidir mengatakan pekerjaan sempat molor selama berbulan-bulan. Pekerjaan yang sebelumnya ditargetkan dapat selesai April 2022 terhenti karena kurangnnya anggaran. Disperdagin Kotim mulanya mendapatkan anggaran sebesar Rp 200 juta untuk merenovasi bangunan Pasar Rakyat Mentaya yang tadinya difungsikan untuk pedagang ikan menjadi Swalayan UMKM.

Anggaran Rp 200 juta yang disediakan hanya cukup untuk merenovasi bagian dalam bangunan Pasar Rakyat Mentaya hanya selesai sampai pada tahap pembongkaran lapak, pengecoran lantai dan pemasangan keramik yang tak dikerjakan sampai selesai.

Baca Juga :  Arus Air Sungai Deras, Pelajar SMK Tenggelam Belum Ditemukan

“Saya perkirakan April 2022 itu pekerjaan beres, ternyata anggarannya tidak cukup. Setelah itu saya sampaikan ke Pak Bupati Kotim berapa kekurangannya dan akhirnya dapat terpenuhi, kita dapat tambahan anggaran Rp 370 juta untuk menyelesaikan pekerjaan yang sempat terhenti,” kata Zulhaidir.

Kendati demikian, lamanya proses lelang hingga dua bulan membuat pekerjaan tak langsung dikerjakan. “Karena, nilai pekerjaan lebih dari Rp 200 juta maka harus melalui proses lelang. Pekerjaan dapat dilanjutkan lagi Juli sampai sekarang,” ujarnya.

Zulhaidir mengatakan beberapa pekerjaan seperti pemasangan keramik dan pengecoran selasar teras pintu masuk sudah selesai dikerjakan. “Pagar samping sudah dibongkar, karena nanti pintu masuknya dari samping (arah depan kantor KNPI Kotim), ini tinggal melanjutkan pemasangan kanopi dan pemasangan sekat partisi,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mempersiapkan 40 rak susun untuk tempat pajangan produk UMKM. Swalayan UMKM nantinya akan dikelola oleh satu manajemen.



Pos terkait