Normalisasi Sungai Baamang Direncanakan Tahun Depan, Sebesar Ini Anggarannya

sungai baamang
SALURAN DRAINASE: Salah satu titik saluran drainase Sei Baamang di Jalan Tidar 4 yang dipenuhi rumput hingga menutupi badan saluran perlu dilakukan normalisasi agar saluran air dapat mengalir lancar dan menghindari luapan banjir ke atas permukaan tanah, Selasa (6/9). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menjawab usulan masyarakat agar saluran drainase di Sei Baamang dilakukan normalisasi atau pengerukan. Rencananya pengerukan akan dilakukan tahun depan.

“Tahun ini usulan masyarakat sudah ditindaklanjuti. Tahun depan rencanannya akan dikerjakan,” kata Halikinnor saat mengundang jamuan makan malam masyarakat Baamang di Aula Rujab Bupati Jalan Ahmad Yani, Jumat (2/9) lalu.

Bacaan Lainnya

Kebutuhan anggaran untuk pengerukkan diperkirakan mencapai Rp 500 juta. Namun, pengerukkan hanya dilakukan pada spot-spot tertentu yang dipenuhi gulma dan rerumputan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (PUPRKP) Kotim Akhmad Fahmi Rizal mengatakan, Sei Baamang memiliki panjang 7 kilometer mulai dari persimpangan Sei Mentawa Jalan Menteng sampai menuju muara Sungai Mentaya di Jalan Baamang I. Namun, rencana pengerukkan hanya dilakukan di sepanjang 4 kilometer.

Baca Juga :  Bersama Bupati Kotim, BPJS Kesehatan Pantau Vaksinasi Covid-19 di PT MAP

“Rencanakan yang akan dikerjakan tahun depan sepanjang 4 kilometer, karena menyesuaikan anggaran yang ada. Hanya spot-spot tertentu yang memang mengalami pendangkalan dan tertutup rerumputan saja yang dilakukan normalisasi,” kata Fahmi Rizal, Senin (5/9).

Menurutnya, tidak semua titik di Sei Baamang mengalami pendangkalan, saluran drainase yang masih terbilang aman seperti di Jalan Cristopel Mihing menuju Baamang 1.

“Sebagian titik saluran masih mengalir lancar. Nanti yang segera ditangani mulai dari saluran drainase di Jalan Walter Condrat sampai menuju Jalan Menteng,” katanya.

Pos terkait