Akses Jalan Bisa Lewat Perkebunan Sawit

Melihat Perkampungan di Kalbar Terdekat Sukamara

Bantaran sungai
Desa Jambi, Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Kalbar menjadi salah satu desa terdekat dengan Sukamara. (fauzianur/radarsampit)

RadarSampit.com – Sungai Jelai menjadi pemisah antara wilayah Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Jelai, banyak perkampungan-perkampungan kecil, terutama di wilayah Kalbar.

FAUZIANNUR, Sukamara

Wilayah Kalbar terdekat dan tepat berbatasan dengan kota Sukamara adalah Desa Sukaramai. Jika menyusuri sungai ke arah hulu sungai, sekitar 15 menit perjalanan menggunakan speedboat, maka kita akan mendapati sebuah perkampungan yakni Desa Jambi. Desa ini cukup strategis karena saat ini menjadi pintu masuk terdekat warga di Kalbar ke Sukamara melalui jalur sungai.

“Banyak juga warga Sukamara yang bekerja di perkebunan wilayah Jambi, sehingga saat hari libur mereka ke Sukamara. Begitupun pekerja perkebunan kelapa sawit yang ingin ke luar kota lewat Sukamara dan turun lewat pelabuhan Jambi ini,” ujar Maskur, salah seorang warga.

Belum terbukanya akses jembatan Jelai, sehingga pelabuhan Jambi menjadi pintu masuk terdekat ke wilayah Kalbar maupun sebaliknya dan hanya dapat diakses melalui jalur sungai. Padahal, badan jalan menuju jembatan Jelai sudah terbuka dari wilayah tersebut, namun belum bisa dimanfaatkan maksimal karena masih belum terhubung dengan jembatan.

Baca Juga :  Hobi Fotografi Landscape

Jika perjalanan naik lagi ke wilayah hulu sungai lagi, dapat dijumpai lagi perkampungan Batu Arang, Suak Sumun, Sungai Buluh, serta desa dan dusun lainnya. Keberadaan dusun ini sebelumnya terisolasi, karena hanya bisa diakses lewat jalur sungai, namun saat ini sudah bisa ditembus melalui jalur darat.

Pos terkait