Ancaman Gelombang Pesisir Minim, Liburan di Pantai Aman saat Tahun Baru

pantai ujung pandaran
OBJEK WISATA: Wisatawan saat berlibur di Pantai Ujung Pandaran. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara H Asan Sampit memperkirakan gelombang di wilayah pesisir Kalimantan Tengah (Kalteng) masih aman pada saat musim liburan tahun baru nanti.

”Terutama di wilayah perairan Kalteng bagian Timur, seperti kawasan wisata Pantai Ujung Pandaran masih aman,” kata Kepala BMKG Stasiun Bandara H Asan Sampit Musuhanaya, kemarin (29/12).

Bacaan Lainnya

Meskipun masyarakat yang ingin berlibur ke pantai di wilayah Kotim saat liburan tahun baru masih aman, pihaknya mengimbau wisatawan agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Pengunjung tempat wisata agar tidak lengah. Selain cuaca dan ombak laut, hal-hal lain juga perlu diperhatikan demi keamanan saat berlibur.

Dia melanjutkan, walaupun cuaca dan kondisi gelombang di pesisir perairan Kalteng aman, gelombang di perairan Laut Jawa, terutama di perairan Kalteng bagian Timur masih masuk kategori tinggi.

Baca Juga :  Beli Mobil dari Hasil Ngamen dan Ngemis

”Tinggi gelombang 1,3 meter hingga 3 meter. Dengan pergerakan angin dari barat menuju barat laut dengan kecepatan 09-25 knots,” jelasnya.

Musuhanaya menuturkan, informasi tersebut didapat dari prakiraan cuaca maritim. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter. Kondisi tersebut berpotensi terjadi di perairan Kalteng bagian timur, Laut Jawa bagian utara, dan wilayah Selatan Kepulauan Bawean, Laut Jawa Barat, dan Timur Masalembo, Perairan Tuban-Lamongan, dan Perairan Utara Madura.

Musuhanaya melanjutkan, kondisi gelombang di perairan Laut Jawa masih tinggi dan berbahaya bagi kapal kecil. Akibat cuaca ekstrem tersebut, perjalanan transportasi laut dari dan ke Kota Sampit terkendala. Sejumlah keberangkatan kapal terpaksa dibatalkan. Seperti yang dialami KM Kirana I, kapal jenis roll on roll off tanggal 23 dan 27 Desember 2022, keberangkatan menuju Surabaya dibatalkan.

Sementara itu, BMKG Stasiun Bandara H Asan Sampit memperkirakan cuaca saat malam pergantian tahun di Kota Sampit dan sekitarnya secara umum cerah berawan. Namun, tetap berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada sore hingga malam.

Pos terkait