Api Amuk Bangunan Kosong saat Hujan

kebakaran bangunan sampit
KEBAKARAN: Anggota Damkar Kotim memadamkan api yang menghanguskan seisi bangunan kosong tak berpenghuni di Jalan Jenderal Sudirman Km 1, Selasa (20/9). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebuah bangunan tak berpenghuni di Jalan Jenderal Sudirman  KM 1 RT 44 RW 8 Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), hangus dilalap ‘si jago merah’. Kejadian tersebut terjadi setelah ada warga yang melihat kepulan asap membumbung tinggi, Selasa (20/9).

”Petugas menerima telepon dari masyarakat ada kepulan asap di bangunan kosong depan Kantor DPRD. Sebanyak 45 anggota damkar dibantu balakar dari Baamang Tengah langsung turun ke lokasi pukul 07.06 WIB,” kata Hawianan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kotim, Selasa (20/9).

Bacaan Lainnya

Kebakaran tersebut awalnya tak disadari masyarakat. Pasalnya, cuaca pagi itu dalam kondisi hujan.

“Ahli waris pemilik rumah yang melaporkan kejadian ini awalnya. Mungkin diinfokan oleh tetangga sekitar situ,” katanya.

Bangunan seluas 4 meter x 7 meter tersebut milik Almarhumah Masitah yang sudah lama tak dihuni. Di dalam bangunan berisi kasur, lemari, dan meja yang hangus terbakar. Namun, bangunan beton dengan jendela dan pintu kaca tak sampai hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 60 juta.

Baca Juga :  MIRIS!!! Tak Ada Harta yang Bisa Diselamatkan

“Diduga api berasal dari bagian samping kemudian merambat ke bagian plafon. Penyebab sementara karena korsleting listrik,” katanya.

Menyikapi kejadian ini, Hawianan mengimbau masyarakat agar lebih proaktif memeriksa, mengawasi, dan mengecek kondisi bangunan rumah, gudang, ruko,  perkantoran dan lain-lain yang di dalamnya berhubungan dengan api, jaringan listrik, dan pemicu kebakaran lainnya.

Pos terkait