Sering Kebanjiran, Warga Dusun Muara Ubar Akan Direlokasi

warga sungai ubar akan direlokasi
SALURKAN BANTUAN: Wakil Bupati Kotim Irawati didampingi dinas terkait menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Dusun Muara Ubar Kecamatan Telawang, Senin (19/9). (ISTIMEWA /RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Banjir yang melanda Dusun Muara Ubar, Desa Pasir Putih, Kecamatan Telawang, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pemkab ingin masyarakat Muara Ubar direlokasi ke dataran yang lebih tinggi.

“Dusun Muara Ubar ini dibandingkan desa lain lebih parah kedua daripada Desa Hanjalipan. Di sini  perumahannya di bantaran sungai, kita sudah bicara dengan camat untuk bisa dikondisikan melalui kepala desa, agar bisa mencarikan solusinya yaitu tanah dihibahkan ke pemerintah daerah, agar nanti melalui Kemensos untuk bisa merelokasi warganya ke tempat yang lebih tinggi,” kata Wakil Bupati Kotim Irawati saat meninjau ke lokasi banjir di Kecamatan Telawang, tepatnya di Dusun Muara Ubar, Selasa (20/9).

Bacaan Lainnya

Dengan relokasi, pada saat banjir terjadi warga dusun tersebut sudah memiliki rumah di dataran yang lebih tinggi, sehingga tidak lagi rumah tempat tinggalnya terendam banjir.

Baca Juga :  Sering Bikin Gaduh, Dua Anjing Dievakuasi

“Kalau bisa dibangunkan rumah, paling tidak ukuran 4 meter x 6 meter, agar pada saat banjir mereka sudah mempunyai rumah di dataran tinggi, sedangkan di bantaran sungai ini untuk rumah singgah saja, karena pekerjaan mereka umumnya nelayan,” ucapnya.

Selain meninjau lokasi banjir, Irawati sekaligus juga menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Sedikitnya ada 112 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir di wilayah tersebut. Pada kesempatan itu Irawati membawa bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim sebanyak 50 paket sembako, dari Dinas Sosial Kotim 25 sak beras, dan ada juga bantuan dari organisasi wanita Kotim sebanyak 48 sak beras dan 10 dus mie instan.

Pos terkait