Atap Rumah Warga sampai Nyaris Tenggelam, Warga Bertahan di Tengah Banjir

banjir tumbang kalang
SALURKAN BANTUAN: Wakil Bupati Kotim menyalurkan bantuan pada warga Desa Tumbang Kalang yang rumahnya terendam banjir, Selasa (4/10). (RADAR SAMPIT)

”Kucing juga jadi korban banjir. Kasihan tadi melihatnya di atas atap rumah warga. Saya lihat dua-duanya jantan. Saya gelari saja Anang dan Herman. Saya bawa menemani saya di kelotok,” ujar Irawati.

Irawati menjalankan instruksi Bupati Kotim Halikinnor yang menerima laporan Desa Tumbang Kalang kembali dilanda banjir. ”Sesuai instruksi Bupati, saya meninjau sekaligus menyerahkan bantuan paket bahan pokok. Bantuan ini paling tidak bertahan sampai lima hari dan dapat membantu warga yang selama banjir tidak bisa bekerja,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi rumah warga yang terendam, Irawati mengimbau agar warga tak memaksakan bertahan di rumah. ”Lebih baik mengungsi sementara di rumah keluarga. Kalau tidak ada saya minta Camat Antang Kalang yang siapkan tempat di aula sebagai tempat mengungsi sementara dan siapkan dapur umumnya. Kalau warga terus-terusan bertahan di tengah banjir seperti ini bahaya juga. Malam kurang penerangan,” ujarnya.

Baca Juga :  PT. Irvan Prima Pratama Bantu Korban Banjir Kotawaringin Barat

Camat Antang Kalang Sony Dehen mengatakan, warga yang rumahnya banjir sudah disarankan mengungsi di tempat keluarga yang lebih tinggi. ”Warga sudah kami sarankan mengungsi untuk sementara waktu, tetapi ada yang tetap memilih bertahan menjaga perabotannya, khawatir larut terbawa banjir,” katanya. (hgn/ign)

Pos terkait